HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi4 Makanan Terbaik Peningkat Sistem Imunitas Tubuh
Diet dan Nutrisi

4 Makanan Terbaik Peningkat Sistem Imunitas Tubuh

Kartika Tarigan, 03 Agu 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

4 Makanan Terbaik Peningkat Sistem Imunitas Tubuh

Sistem imunitas merupakan pertahanan pertama bagi tubuh untuk melawan berbagai serangan virus dan bakteri penyebab penyakit. Dengan sistem imunitas yang kuat, Anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Lantas, bagaimanakah cara untuk meningkatkan sistem imunitas?

Salah satu cara paling sederhana yaitu mengonsumsi jenis makanan yang dapat meningkatkan sistem imunitas. Pilihlah makanan yang mengandung vitamin dan gizi baik untuk mencukupi kebutuhan tubuh, seperti:

  1. Bawang putih

    Percaya atau tidak, bawang putih adalah jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Bawang putih bertindak sebagai antibiotik dan mengurangi keluhan pilek dan infeksi lainnya. Sebuah penelitian di Inggris menemukan, orang yang memakan bawang putih memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mudah terserang flu. Dalam penelitian tersebut, 146 orang diberikan ekstrak bawang putih selama 12 minggu. Hasilnya, bawang putih dapat memperkecil kemungkinan terserang flu hingga dua per tiga kali.Artikel Lainnya: Ini Hal yang Dapat Menurunkan Sistem Imunitas Tubuh!
  2. Teh hijau

    Polifenol dan antioksidan yang terdapat dalam teh hijau diyakini dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sebuah studi laboratorium menunjukkan, jenis polifenol dalam teh hijau yang disebut katekin dapat membunuh virus influenza.Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari teh hijau, Anda dapat memasukkan daun teh hijau setelah air rebusan mendidih. Jadi, daun tidak direbus terlalu lama. Tambahkan sedikit lemon dan madu untuk mengurangi rasa pahit. Namun jangan tambahkan susu, karena protein akan mengikat polifenol, dan membuatnya menjadi tidak efektif.
  3. Ubi-ubian

    Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang berperan melindungi tubuh dari serangan penyakit. Bagian terluar dari tubuh ini merupakan benteng pertama untuk melawan bakteri, virus, dan lainnya penyebab penyakit. Agar tetap kuat dan sehat, kulit membutuhkan vitamin A. "Vitamin A memainkan peran utama dalam produksi jaringan ikat, komponen kunci kulit," jelas David Katz, MD, President of the American College of Lifestyle Medicine. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan vitamin A adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung beta karoten, yang akan berubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Ubi jalar merupakan makanan yang mengandung beta karoten.
  4. Jamur

    Selama berabad-abad, orang di seluruh dunia telah memercayai bahwa jamur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kini, para peneliti mengaku telah mengetahui apa alasan di balik keyakinan tersebut. Studi menunjukkan bahwa jamur dapat meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih.

Jika Anda merasa sangat mudah terserang penyakit, bisa jadi ada yang salah dengan sistem imunitas tubuh Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi jenis makanan dan minuman di atas.

(BA/ RH)

kekebalan TubuhmakananImunitas TubuhImunitasImun tubuhSistem Imunitas

Konsultasi Dokter Terkait