Sukses

Ingin Sehat Terus? Wajib Bersahabat dengan Minyak Ikan

Keunggulan minyak ikan tentu sudah tak asing lagi. Tapi sebenarnya, masih banyak lagi kelebihannya bagi kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Sewaktu kecil orang teratur mengonsumsi minyak ikan. Beranjak besar, kebanyakan malah meninggalkan kebiasaan tersebut. Padahal minyak ikan tak hanya bagi untuk anak-anak, tetapi juga orang dewasa.

Mengonsumsi minyak ikan yang berasal dari jaringan ikan seperti makerel, tuna, atau salmon setiap hari dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Makerel, tuna, dan salmon termasuk dalam jenis ikan kecil. Kandungan merkuri pada ikan-ikan kecil relatif lebih rendah daripada ikan-ikan besar. Sehingga minyak ikan yang dihasilkan dari ikan-ikan kecil ini sangat baik bagi kesehatan.

Selain untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi, berikut enam manfaat lainnya dari minyak ikan:

  1. Melawan kanker prostat

    Sebuah studi dalam Journal of National Cancer Institute menyatakan, mengonsumsi minyak ikan yang dibarengi diet rendah lemak dapat menurunan risiko kanker prostat.

  2. Mencegah depresi pasca melahirkan

    Pemberian DHA—zat dalam omega-3 pada minyak ikan—selama kehamilan berpotensi mengurangi gejala depresi pasca melahirkan.

  3. Meningkatkan memori

    DHA pada minyak ikan dapat meningkatkan kerja memori pada orang yang sehat. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa minyak ikan dapat mengurangi demensia dan risiko Alzheimer.

  4. Mencegah kebutaan

    Ternyata DHA merupakan bagian dari retina mata. Artinya, seseorang yang kebutuhan DHA-nya tercukupi dapat terlindung dari penyakit kehilangan penglihatan yang berkaitan dengan usia.

  5. Membentuk kecerdasan otak bayi

    Sebuah studi menyatakan bahwa asupan minyak ikan dapat meningkatkan perkembangan sensorik, kognitif, dan motorik bayi.

  6. Mengurangi frekuensi kejang bagi pasien epilepsi

    Tim peneliti di Amerika Serikat mengatakan bahwa mengonsumsi dosis rendah omega-3 minyak ikan setiap hari dapat mengurangi frekuensi kejang bagi pasien epilepsi.

    Tentunya, semua penelitian tersebut telah teruji berdasarkan studi yang terpercaya. Walau demikian, masih butuh banyak studi baru untuk mencari tahu keunggulan yang dapat dihasilkan oleh minyak ikan.

Mengonsumsi minyak ikan saja tidak cukup dan harus diimbangi dengan pola makan sehat serta olahraga teratur. Ayo, mulai hidup sehat dengan minyak ikan!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar