Sukses

Intip Kebaikan Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

Minyak ikan memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Apa sajakah?

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi ibu hamil adalah DHA. Senyawa ini terdapat pada beberapa makanan, salah satunya minyak ikan. Berikut adalah lima kelebihan minyak ikan untuk ibu hamil:

  1. Mencegah bayi lahir prematur

    Mengonsumsi minyak ikan dipercaya mampu mencegah terjadinya gangguan aliran darah, praeklampsia, dan eklampsia. Kondisi-kondisi tersebut dapat memicu terjadinya bayi lahir prematur.

  2. Mengatasi masalah kulit

    Minyak ikan mampu memberikan nutrisi pada kulit sehingga dapat mengatasi masalah kulit selama kehamilan, serta membantu mencegah alergi pada bayi baru lahir.

  3. Membentuk kecerdasan otak janin

    DHA dalam minyak ikan dapat meningkatkan sistem saraf dan pertumbuhan otak janin. Di samping itu, juga membantu agar bayi tidak mengalami berat badan lahir rendah.

  4. Memperbaiki kadar kolesterol

    Kandungan omega-3 mampu memelihara kesehatan jantung ibu dan janin, meningkatkan kolesterol “baik”, serta mengurangi kolestrol ‘jahat’ dalam tubuh.

  5. Mengurangi depresi pasca melahirkan

    Gangguan psikologis pada ibu setelah melahirkan tidak jarang terjadi. Penelitian mengatakan bahwa kandungan DHA, EPA, dan omega-3 pada minyak ikan dapat mengurangi depresi pasca melahirkan.

Secara keseluruhan minyak ikan dapat meningkatkan sistem ketahanan tubuh, baik untuk ibu hamil maupun janin. Yuk, konsumsi minyak ikan sejak dini agar kehamilan dan persalinan lancar!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar