Sukses

Ngemil Pisang Goreng, Bermanfaatkah Bagi Kesehatan?

Apakah pisang goreng masih memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh?

Klikdokter.com, Jakarta Tak diragukan lagi kalau pisang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Pisang kaya akan potasium yang dapat membantu menjaga tekanan darah, irama jantung, dan aktivitas otak agar berjalan dengan baik. Buah yang satu ini juga kaya serat dan rendah kalori.

Ada banyak cara untuk menikmati pisang, salah satunya yaitu dengan menyulapnya menjadi pisang goreng. Pertanyaannya: Apakah pisang masih memiliki manfaat bagi kesehatan setelah digoreng?

Dikutip dari Livestrong.com, pisang goreng bukan merupakan camilan yang tepat. Sebab, pisang goreng diolah dengan menggunakan tepung, gula, dan minyak. Ini menjadikan pisang goreng tinggi lemak.

Satu buah pisang goreng rata-rata mengandung 2 gram lemak total, termasuk 1 gram lemak jenuh serta 49 mg kolesterol. Mengonsumsi pisang goreng dapat menyumbang 5 persen lemak jenuh pada tubuh Anda. Lemak jenuh berkontribusi pada kadar kolesterol darah dan risiko penyakit jantung.

 

1 dari 2 halaman

Hilangnya Kadar Potassium

Pisang goreng juga memiliki jumlah kalori yang lebih besar dari buah pisang yang belum diolah. Setidaknya terdapat 198 kalori dalam pisang goreng. Sementara itu pada buah pisang yang dikonsumsi langsung hanya memiliki 105 kalori. Artinya, satu pisang goreng mengandung kalori hampir dua kali lipat dari buah pisang.

Sebagian besar kalori dalam pisang goreng berasal dari karbohidrat. Satu pisang goreng mengandung 43 gram karbohidrat. Sedangkan seratnya hanya sekitar 3 gram.

Selain itu, kandungan potasium pada pisang yang telah diolah, baik dengan cara digoreng, dipanggang, dibakar dan cara lainnya; juga akan berkurang. Merendam buah pisang yang akan diolah ke dalam air, apalagi air mendidih, pun dapat mengeluarkan sejumlah besar mineral, termasuk potasium.

Hal tersebut sejalan dengan sebuah studi yang diterbitkan di International Journal of Food Sciences and Nutrition. Studi pada tahun 2014 itu menemukan bahwa merendam pisang di air dapat menghilangkan lebih dari 40 persen kandungan potasium.

Sementara itu, sebuah penelitian tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal African Health Sciences menyimpulkan bahwa air mendidih lebih banyak mengurangi kandungan potasium pisang.

Untuk mendapatkan seluruh kebaikan yang ada di dalam pisang, sebaiknya perhatikan cara mengonsumsinya. Cara yang salah akan membuat manfaat pisang berkurang, bahkan mengudang datangnya penyakit. Jadi, alih-laih membuat pisang goreng, lebih baik konsumsi pisang segar.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar