HomeGaya hidupDiet dan NutrisiKhasiat Teh Putih untuk Usir Penyakit
Diet dan Nutrisi

Khasiat Teh Putih untuk Usir Penyakit

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 22 Jul 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Teh putih mengandung nutrisi dan kualitas antimikroba yang dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Ini manfaat teh putih untuk kesehatan.

Khasiat Teh Putih untuk Usir Penyakit

Anda tentu sudah tahu bahwa teh memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Manfaat ini diperoleh dari kandungan polifenol yang mampu mengurangi berbagai risiko gangguan kesehatan. Walau demikian, teh adalah minuman yang mengandung kafein, meski tak sebanyak kopi.

Jika Anda ingin mengonsumsi teh dengan kandungan kafein yang sedikit, teh putih bisa menjadi pilihan. Selain rendah kafein, manfaat teh putih tak bisa Anda kesampingkan. Pasalnya, teh ini baik untuk menjauhkan tubuh dari penyakit. Yuk, kenali teh putih dan manfaatnya dalam mengusir penyakit.

Sepintas Tentang Teh Putih

Teh putih dibuat dari tanaman Camellia sinensis. Daun dan kuncupnya diambil tepat sebelum benar-benar terbuka, atau ketika ditutupi oleh rambut putih halus. Dari sinilah teh putih mendapatkan namanya.

Meski teh hijau dan teh hitam sama-sama dibuat dari tanaman Camellia sinensis, kedua teh ini jelas berbeda dari teh putih. Sebab, keduanya melalui berbagai metode pengolahan untuk memberikan rasa dan aroma unik, sedangkan teh putih hanya melalui sedikit proses.

Karena cara pengolahannya ini, teh putih mempertahankan jumlah kandungan antioksidan yang tinggi. Hal inilah yang membuat khasiat teh putih untuk tubuh lebih banyak dibandingkan teh lain.

Artikel Lainnya: Teh Hijau dan Teh Putih, Mana yang Lebih Baik?

Ragam Manfaat Teh Putih bagi Tubuh

Penelitian terbaru dari Pace University, New York, menunjukkan bahwa teh putih dapat membunuh bakteri, virus, dan jamur di dalam tubuh lebih baik daripada jenis teh lainnya. Selain itu, teh putih juga menyimpan berbagai potensi manfaat yang lain.

Lalu, apa sajakah manfaat teh putih bagi kesehatan? Berikut penjelasannya:

1. Mengurangi Risiko Kanker

Sebuah studi epidemiologis yang dilakukan oleh Higdon dan Frei dari Oregon State University menunjukkan bahwa teh putih mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi. Hal ini berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Cara pengolahan teh putih yang jauh lebih sedikit menjadikan teh putih memiliki konsentrasi polifenol yang lebih tinggi. Polifenol dapat berperan sebagai penangkal dari penyebab kanker, yaitu stres oksidatif.

2. Baik untuk Penderita Diabetes

Manfaat teh putih dapat dirasakan oleh penderita diabetes. Dengan rutin mengonsumsi teh putih, diabetesi dapat merasa lebih baik. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi terhadap pasien diabetes yang rutin minum teh putih.

Hasilnya menunjukkan bahwa pasien diabetes tersebut dapat meningkatkan pengeluaran insulin dari dalam tubuh. Selain itu, mereka secara signifikan memiliki keluhan yang lebih rendah, misalnya terjadi penurunan polidipsia, dan kadar glukosa plasma.

Studi klinis menunjukkan tingkat penurunan glukosa saat mengonsumsi teh putih mencapai 48 persen.

Artikel Lainnya: Ingin Tubuh Sehat dan Awet Muda? Coba Teh Putih!

3. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan katekin yang terdapat dalam teh dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Katekin disebut mampu melebarkan pembuluh darah sehingga memungkinkan terjadinya penurunan tekanan darah dan menghasilkan aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh.

Salah satu sumber katekin adalah teh, khususnya teh putih yang merupakan jenis teh dengan kandungan katekin paling banyak. Jadi, dapat dikatakan bahwa khasiat teh putih untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition and Metabolism Journal pada tahun 2009, teh putih dinilai dapat membantu proses penurunan berat badan.

Hal tersebut diperoleh dari kandungan katekin, yang merupakan komponen aktif untuk menghambat adipogenesis dan dapat merangsang aktivitas pembakaran lemak di tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Teh putih mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit Anda tetap awet muda. Selain itu, manfaat teh putih yang diperoleh dari kandungan tersebut adalah dapat melindungi kulit dari dari bahaya sinar ultraviolet.

Artikel Lainnya: Kenali, Ini Jenis Teh dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Nah, ternyata teh putih memiliki banyak manfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit. Namun, beberapa manfaat teh putih tersebut masih belum dimasukkan ke dalam rekomendasi resmi dalam pencegahan penyakit jantung atau kanker.

Oleh karena itu, penelitian lanjutan masih sangat diperlukan untuk benar-benar memastikan khasiat teh putih untuk kesehatan. Namun, jika Anda dapat memilih, sepertinya segelas teh putih untuk menemani sore hari bisa menjadi pilihan yang baik.

[WA]

Teh

Konsultasi Dokter Terkait