Sukses

5 Khasiat Teh Putih untuk Usir Penyakit

Teh putih mengandung nutrisi dan kualitas antimikroba yang dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Benarkah?

Klikdokter.com, Jakarta Penelitian terbaru di Pace University menunjukkan bahwa teh putih memiliki sejumlah manfaat kesehatan – seperti membunuh bakteri, virus, dan jamur di dalam tubuh – lebih baik daripada jenis teh lainnya. Penelitian difokuskan terutama pada bakteri yang menyebabkan infeksi Staphylococcus, infeksi Streptococcus, dan pneumonia.

Lalu, apa sajakah manfaat teh putih bagi kesehatan? Berikut penjelasannya:

  1. Mengurangi risiko kanker

    Sebuah studi epidemiologis oleh Higdon dan Frei dari Oregon State University menunjukkan bahwa teh putih mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Meskipun teh putih berasal dari tanaman yang sama dengan teh hijau dan hitam (Camellia sinensis), teh putih melewati proses yang jauh lebih sedikit sehingga memiliki konsentrasi polifenol yang lebih tinggi.

    Dalam mengurangi risiko kanker, kandungan teh putih yang bernama polifenol berperan sebagai penangkal dari penyebab kanker yaitu stres oksidatif. Stres oksidatif adalah kerusakan akibat radikal bebas, merupakan salah satu proses yang dominan pada penyakit kanker. Polifenol dalam teh ini diyakini mampu mengurangi stres oksidatif tersebut.

  2. Baik untuk penderita diabetes

    Rutin mengonsumsi teh putih dapat membantu penderita diabetes merasa lebih baik. Sebuah studi yang dilakukan menunjukkan pasien diabetes yang mengonsumsi teh putih dapat meningkatkan sekresi insuli dalam tubuh.

    Penderita diabetes yang menjadi objek penelitian dan rutin minum teh putih, secara signifikan memiliki keluhan yang lebih rendah seperti meredakan polidipsia, menurunkan kadar glukosa plasma. Studi klinis menunjukkan tingkat penurunan glukosa saat mengonsumsi teh putih mencapai 48%.

  3. Mencegah penyakit jantung

    Kandungan katekin yang terdapat dalam teh dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah penelitian yang diterbitkan “American Journla of Epidemiology” pada tahun 2001.

    Katekin disebut mampu melebarkan pembuluh darah yang memungkinkan terjadinya penurunan tekanan darah dan menghasilkan aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh. Teh putih merupakan jenis teh yang paling banyak mengandung katekin.

  4. Membantu menurunkan berat badan

    Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh "Nutrition and Metabolism Journal" pada tahun 2009, teh putih dapat membantu proses penurunan berat badan. Hal tersebut karena kandungan katekin merupakan komponen aktif yang menghambat adipogenesis dan dapat merangsang aktivitas pembakaran lemak di tubuh.

  5. Menjaga kesehatan kulit

    Teh putih mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit Anda tetap awet muda. Selain itu, antioksidan dalam teh putih juga membantu melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet.

Nah, ternyata teh putih bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Jadi, konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar