Sukses

Khasiat Yoghurt untuk Turunkan Kolesterol, Ini Faktanya

Rutin mengonsumsi yoghurt dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Benarkah demikian?

Yoghurt adalah makanan kaya nutrisi yang telah dikonsumsi oleh manusia selama ratusan tahun. Manfaat yoghurt untuk kesehatan pastinya sudah tidak diragukan lagi. Salah satu manfaat yang banyak diketahui orang adalah baik untuk sistem pencernaan.

Selain itu, yoghurt yang merupakan fermentasi dari susu ini disebut-sebut dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Nah, khasiat yoghurt untuk kolesterol ini termasuk cara non-obat yang akan membantu terapi bagi orang dengan kolesterol tinggi.

Memang, dalam mengobati kolesterol tinggi, dibutuhkan kombinasi antara terapi obat dan non-obat. Namun, benarkah yoghurt ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi? 

1 dari 3 halaman

Manfaat Yoghurt untuk Turunkan Kolesterol

Perlu Anda tahu, orang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi yoghurt cenderung memiliki tingkat trigliserida dan kadar gula dalam darah yang lebih rendah ketimbang orang yang tidak memiliki kebiasaan ini.

Tak hanya itu, yoghurt juga mampu menaikkan tingkat HDL (high-density lipoproteins) atau kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Manfaat yoghurt untuk menurunkan kolesterol cukup banyak diteliti dan memberikan hasil yang positif. Hal ini menunjukkan bahwa Anda tetap bisa hidup sehat dengan makanan yang enak, salah satunya yoghurt.

Artikel Lainnya: Inilah Pola Makan Sehat bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Seperti dikutip dari Healthline, sebuah studi di tahun 2013 mengaitkan konsumsi yoghurt dengan tekanan darah dan kolesterol. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi yoghurt memiliki profil metabolik yang lebih baik.

Hal serupa juga dijelaskan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of McGill di Montreal pada 127 orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa konsumsi dua dosis probiotik sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kandungan probiotik pada yoghurt dipercaya mampu menurunkan kadar LDL.

2 dari 3 halaman

Apakah Semua Yoghurt Bermanfaat bagi Kolesterol?

Manfaat yoghurt untuk menurunkan kolesterol tidak selalu sama. Maksudnya, tidak semua jenis yoghurt memiliki efek yang sama pada kadar kolesterol.

Yoghurt untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah yoghurt dengan kandungan Lactobacillus acidophilus La5 dan Bifidobacterium lactis Bb12. Kedua probiotik ini merupakan bakteri asam laktat yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dairy Science pada bulan Juli tahun 2011.

Artikel Lainnya: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Saat Kolesterol Tinggi

Penelitian tersebut menemukan bahwa mengonsumsi 10,6 ons yoghurt yang mengandung Lactobacillus acidophilus La5 dan Bifidobacterium lactis Bb12 setiap hari bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Lactobacillus dan Bifidobacterium menurunkan kolesterol dengan cara memecah asam empedu dan meningkatkan pembuangannya. Kolesterol merupakan bahan yang digunakan tubuh untuk membentuk asam empedu. Dengan meningkatnya pembuangan asam empedu dari tubuh, kadar kolesterol dalam darah pun menurun.

Sayangnya, saat ini banyak tersedia yoghurt dengan tambahan pemanis buatan dan gula tambahan sehingga komposisinya menyerupai junk food. Manfaat yoghurt untuk kesehatan pun tidak dapat diperoleh secara optimal.

Yoghurt yang tinggi kandungan gulanya tentu saja tidak termasuk jenis yoghurt yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Efeknya malah dapat menjadi bumerang tersendiri bagi kesehatan.

Nah, dalam memilih yoghurt, pastikan Anda membaca komposisi yang terkandung dalam yoghurt tersebut. Akan lebih baik bila Anda membeli yoghurt tawar atau plain yogurt. Jangan lupa untuk mengombinasikan dengan buah potong sesuai selera ketimbang yoghurt yang memiliki rasa buah.

Tak perlu diragukan lagi, khasiat yoghurt untuk kolesterol telah dibuktikan melalui penelitian-penelitian yang ada. Namun, perlu diingat bahwa cara menurunkan kolesterol dengan konsumsi yoghurt saja tidak cukup.

Kombinasi antara obat-obatan, gaya hidup, dan rutin kontrol ke dokter juga harus dilakukan. Jadi, mulailah menerapkan gaya hidup sehat dan rajin kontrol rutin agar kadar kolesterol di dalam tubuh Anda tetap terkendali. 

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar