Sukses

Ini Tanda Tubuh Anda Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Konsumsi garam yang berlebihan dapat menimbulkan efek pada tubuh. Apa sajakah?

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda dalam menikmati rasa makanan. Ada yang lebih menyukai makanan asing ketimbang pedas, pun sebaliknya.

Nyatanya, terlalu banyak mengonsumsi garam dapat memicu sederet penyakit bagi tubuh Anda. Lalu, apakah tandanya jika tubuh sudah terlalu banyak konsumsi garam?

Seperti dikutip dari bintangcom, ada empat masalah yang mungkin akan terjadi dan menjadi penanda bahwa tubuh Anda telah mencapai batas konsumsi garam. Apa saja?

  1. Dehidrasi

    Saat terlalu banyak mengonsumsi garam, tubuh Anda akan mengalami dehidrasi sehingga sering merasa haus. Anda harus banyak minum air mineral untuk menghindar dari kemungkinan tubuh kekurangan cairan.

  2. Tekanan Darah Tinggi

    Tekanan darah yang meningkat juga bisa menjadi tanda Anda telah terlalu banyak mengonsumsi garam. Menurut seorang ahli, Rosanne Rust, penderita tekanan darah tinggi harus memperhatikan asupan garam dalam tubunya.

    “Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, batasilah asupan natrium sampai sekitar 2.300 miligram per hari,” katanya seperti dikutip dari thelist.com.

  3. Pembengkakan

    Terlalu banyak mengonsumsi garam pun berpotensi membuat sejumlah perubahan pada bentuk fisik Anda. Salah satunya adalah pembengkakan.

    Pembengkakan biasanya terjadi di seputar tubuh dan menjadi pengingat bahwa asupan garam Anda telah melebihi batas. Untuk menghindarinya, Anda dapat mengurangi garam dan tidak terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung sodium.

  4. Masalah Perut

    Banyak mengonsumsi garam dapat membuat Anda terserang penyakit di seputar perut. Penyakit tersebut biasanya dimulai dari iritasi ringan, perut kembung, mag, dan paling parah Anda dapat menderita kanker perut.

    Dengarkan kondisi perut Anda. Jika perut terasa iritasi, bisa jadi itu adalah tanda bahwa Anda terlalu banyak makan makanan asin. Segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya secara pasti.

    Coba ingat-ingat kembali, apakah Anda memiliki riwayat penyakit mag atau hanya terlalu sering dan terlalu bersemangat menyantap makanan asin.

Jadi, hindarilah konsumsi garam secara berlebihan agar tidak terkena empat gangguan kesehatan tersebut.
Baca artikel serupa di sini 

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar