Sukses

8 Manfaat Air Garam Bagi Tubuh

Air garam menyimpan banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya yaitu membantu melancarkan sistem pencernaan.

Klikdokter.com, Jakarta Garam, siapa yang tidak mengenalnya? Dari anak-anak hingga orang dewasa pasti tahu benda berwarna putih yang memiliki rasa asin ini. Selain digunakan untuk menyedapkan makanan, ternyata air garam juga menyimpan manfaat yang baik bagi tubuh.

Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsi air garam:

  1. Membantu sistem pencernaan

    Air liur memproduksi enzim amilase. Hal ini biasa dikenal sebagai tahap awal proses pencernaan. Dalam tubuh, garam bisa memberikan stimulasi produksi asam klorida dan enzim yang memiliki kegunaan mengurai makanan.

    Garam alami juga akan membantu merangsang enzim pencernaan berupa klorida dan protein di dalam perut. Kedua enzim tersebut baik bagi usus untuk membantu memecah makanan.

  2. Detoksifikasi tubuh

    Air asin memiliki kemampuan anti bakteri. Jika Anda meminumnya, efek yang ditimbulkannya adalah mengurangi racun dan bakteri berbahaya. Jika hal ini sering dilakukan, maka kondisi organ internal Anda akan terjaga kesehatannya.

  3. Tidur lebih nyenyak

    Stres menyebabkan produksi hormon adrenalin dan kortisol berlebih. Kedua hormon tersebut berkontribusi pada kualitas tidur yang buruk. Mineral alami yang terdapat pada garam dapat mengurangi hormon stres dan membuat sistem saraf menjadi lebih rileks.

  4. Menurunkan berat badan

    Bila tubuh memiliki banyak kandungan garam, maka nafsu makan akan berkurang. Hal inilah yang membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi segelas air garam secara teratur, Anda bisa menjaga agar nafsu makan tetap terjaga.

  5. Memperbaiki kondisi kulit

    Air garam mengandung beberapa mineral seperti seng, kromium, belerang, dan yodium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Seng membantu mempercepat penyembuhan luka dan mengatur kelenjar minyak.

    Sedangkan kromium membantu mengurangi kekeringan pada kulit kepala dan infeksi kulit lainnya. Sulfur membantu membersihkan eksim dan ruam. Sementara itu, yodium membantu suplai oksigen dan meningkatkan metabolisme kulit.

  6. Menjaga keseimbangan elektrolit

    Terlalu banyak mengonsumsi air ternyata bisa membuat encer cairan luar sel, hal inilah mengakibatkan stres dan pelepasan adrenalin dalam tubuh. Dengan menambahkan air garam maka konsentrasi elektrolit di dalam tubuh bisa terjaga.

Itulah beberapa manfaat air garam untuk tubuh. Namun, perlu diingat, Anda sebaiknya mengonsumsi garam secukupnya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai asupan garam harian yang tepat untuk tubuh Anda. Anda bisa mendapatkan informasi selanjutnya di sini.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar