Sukses

10 Masalah Kesehatan yang Muncul Karena Obesitas

Bila dijabarkan satu per satu, ada banyak sekali masalah kesehatan yang muncul akibat obesitas.r

Klikdokter.com, Jakarta Obesitas adalah keadaan di mana terdapat kelebihan lemak dalam tubuh. Angka kejadian obesitas semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Obesitas terjadi karena penumpukan lemak yang berlebih di tubuh. Biasanya hal ini dipicu karena ketidakseimbangan antara asupan makanan dan pengeluaran energi.

Seseorang dikatakan obesitas jika memiliki indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 25. Lantas apa saja masalah kesehatan yang kemudian muncul gara-gara obesitas?

  1. Masalah pernapasan

    Berbagai masalah pernapasan dapat terjadi karena obesitas. Beberapa masalah pernapasan tersebut antara lain mengorok dan obstructive sleep apneu (henti napas saat tidur akibat sumbatan jalan napas), asma, dan lebih mudah terserang penyakit infeksi paru.

  2. Kanker

    Beberapa jenis kanker juga terkait dengan obesitas seperti kanker endometrium, prostat, usus besar, payudara, kandung empedu, usus, gingal, paru, dan tenggorokan.

  3. Masalah psikologis

    Masalah psikologis seperti depresi dan kurang percaya diri juga kerap muncul pada orang dengan obesitas.

  4. Jantung dan pembuluh darah

    Sudah jelas, obesitas sering menyebabkan penyakit jantung koroner dan hipertensi.

  5. Sistem saraf

    Penyakit stroke juga merupakan salah satu komplikasi dari obesitas atau keadaan di mana terdapat kelebihan lemak dalam tubuh.

  6. Saluran cerna

    Masalah saluran cerna seperti peradangan kantung dan saluran empedu, perlemakan hati, serta penyakit refluks lambung juga dapat dipicu oleh obesitas.

  7. Tulang dan sendi

    Beberapa penyakit tulang seperti pengapuran sendi, pergeseran sendi, dan bengkoknya tulang kaki juga merupakan komplikasi dari obesitas.

  8. Metabolisme

    Penyakit diabetes mellitus dan peningkatan kadar lemak darah juga dapat disebabkan oleh obesitas.

  9. Reproduksi

    Gangguan ovulasi, siklus haid, ovarium polikistik, dan ketidaksuburan merupakan beberapa masalah kesehatan di bidang reproduksi yang dapat dipicu oleh obesitas.

  10. Kulit

    Berbagai masalah kulit seperti acanthosis nigricans (bercak kehitaman pada kulit), infeksi pada lipatan tubuh, dan tumbuhnya rambut-rambut halus pada tubuh juga dapat dipicu oleh obesitas.

Tenyata, banyak sekali masalah kesehatan yang dapat terjadi karena obesitas atau keadaan di mana terdapat kelebihan lemak dalam tubuh. Cegah dan tangani obesitas dengan segera.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar