Sukses

Fakta di Balik Campak pada Orang Dewasa

Tahukah Anda bahwa orang dewasa juga bisa terkena campak? Ini faktanya.

Klikdokter.com, Jakarta Campak adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus. Keluhan yang biasanya timbul akibat kondisi ini adalah demam, batuk, infeksi pada mata (konjungtivitis) dan ruam pada kulit.

Meski kerap menyerang anak, bukan berarti orang dewasa terbebas dari incaran campak. Biasanya, campak pada orang dewasa adalah akibat orang tersebut belum mendapatkan vaksin campak dan belum pernah terpapar virus ini saat masih anak-anak.

Hal itu karena anak yang sudah pernah terpapar virus campak akan memiliki antibodi terhadap virus tersebut selama hidupnya. Jadi saat dewasa, ia tidak mungkin terkena campak lagi.

Kondisi tersebut juga berlaku sebaliknya. Jika anak Anda belum terkena campak di waktu kecil, maka saat ia dewasa mungkin saja ia akan terkena campak. Terlebih jika anak Anda tidak pernah mendapatkan vaksin campak selama hidupnya.

Jika sudah vaksin, apakah pasti akan terhindar dari campak? Tidak. Anak yang sudah mendapatkan vaksin campak masih mungkin terkena campak, hanya saja kemungkinannya kecil. Jikapun terjadi, penderita biasanya mengalami gejala yang lebih ringan daripada orang yang tidak pernah vaksin campak sama sekali.

Campak pada Orang Dewasa

Campak pada orang dewasa lebih sering menimbulkan gejala, serta komplikasi yang lebih berat daripada campak pada anak. Komplikasi yang sering terjadi, di antaranya:

  1. Diare
  2. Infeksi telinga
  3. Paru-paru basah (pneumonia)
  4. Peradangan pada otak (encephalitis)
  5. Kejang
  6. Kematian

Agar dampak buruk tersebut tidak terjadi, pastikan anak sudah mendapatkan vaksin campak saat usianya menginjak 9 bulan. Selalu ingat, campak adalah penyakit berbahaya yang dapat merusak kualitas hidup penderitanya, baik itu terjadi pada anak maupun pada orang dewasa.

[NB/ RVS]

1 Komentar

  • Calvin

    Assalamualaikum Dokter,apakah ada cara utk mengatasi campak pada org dewasa?