Sukses

Terobosan Baru dalam Penanganan Kanker Prostat

Beberapa pengobatan berpotensi menjadi terobosan baru dalam penanganan kanker prostat.

Klikdokter.com, Jakarta Kanker prostat merupakan pertumbuhan sel tumor ganas pada organ prostat, yang terdapat pada pria. Walaupun sering ditemukan pada pria di atas 50 tahun, pria muda juga perlu mewaspadainya.

Beberapa faktor risiko yang dihubungkan dengan kanker prostat adalah genetik, pola makan, dan beberapa gaya hidup tertentu seperti merokok dan mengonsumsi alkohol.

Dengan meningkatnya jumlah pria dewasa yang mengalami hal ini, menemukan penanganan yang baik untuk kanker prostat merupakan salah satu prioritas berbagai penelitian.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine mempelajari obat golongan abiraterone sebagai obat tambahan dalam penanganan kanker prostat.

Penelitian ini menunjukkan, penggunaan obat tersebut terkait dengan angka kelangsungan hidup yang lebih baik pada penderita kanker prostat.

Menurut informasi yang dilansir dari BBC.com, penelitian yang melibatkan 2.000 pria ini membagi para pria menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mendapatkan terapi hormon saja, sedangkan kelompok kedua mendapatkan terapi hormon dan abiraterone.

Hasilnya, kelompok yang mendapatkan terapi hormon dan abiraterone menunjukkan angka kelangsungan hidup yang lebih baik dan bermakna secara statistik.

Para pakar menyampaikan bahwa cara kerja dari abiraterone adalah dengan menghambat testosteron yang berlebihan dalam menstimulasi pertumbuhan sel tumor di prostat.

Profesor Nicholas James dari University of Birmingham juga menyampaikan bahwa hasil dari penelitian ini dapat diaplikasikan untuk digunakan pada penderita kanker prostat.

Sebagai tambahan, Sir Harpal Kumar yang merupakan perwakilan dari Cancer Research UK menyampaikan bahwa hasil dari penelitian ini dapat mengubah paradigma penanganan kanker prostat dan membantu semakin banyak penderita.

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, semakin banyak pula terobosan baru yang mempelajari penanganan terkini untuk berbagai kondisi kesehatan. Dengan demikian, diharapkan para ilmuwan dunia menjadi selangkah lebih maju dalam menemukan penatalaksanaan terbaik untuk kanker prostat.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar