Sukses

Cara Ampuh Usir Ngantuk Usai Sarapan

Ngantuk usai sarapan merupakan masalah umum yang kerap dialami hampir semua orang. Bagaimana mengatasinya?

Klikdokter.com, Jakarta Sarapan merupakan salah satu syarat multak untuk menjamin produktivitas kerja berjalan lancar. Namun tak sedikit yang merasakan ngantuk dan lemas usai sarapan.

Jika ini yang Anda alami, sebaiknya Anda harus memperbaiki menu sarapan sehari-hari. Salah satu kesalahan umum timbulnya ngantuk usai sarapan lantaran terlalu banyak asupan karbohidrat yang berlebihan.

Salah satu contoh menu sarapan yang umum dikonsumsi di Indonesia yakni roti tawar putih, bubur ayam, nasi uduk, lontong sayur atau ketoprak. Komposisi utama dari menu sarapan tadi mengandung karbohidrat simplek yang dapat menimbulkan ngantuk usai mengonsumsinya.

Asupan karbohidrat simplek akan langsung dipecah di saluran cerna dan membanjiri tubuh dengan tingginya kadar gula darah. Sebagai bentuk respon, tubuh akan melepaskan hormon pengatur kadar gula darah yaitu insulin.

Semakin tinggi kadar gula darah tubuh semakin banyak insulin yang akan dilepaskan. Akibatnya, puncak kadar gula darah ini akan menurun drastis beberapa saat setelahnya.

Pada dasarnya, gula darah (glukosa) merupakan nutrisi utama dalam kerja otak. Kadar gula darah yang tiba-tiba meninggi lalu merosot drastis, mengakibatkan seseorang yang usai sarapan akan mudah mengantuk dan otak tidak bisa bekerja secara optimal.
Berbeda dengan karbohidrat simplek, karbohidrat komplek justru baik dikonsumsi sebagai menu sarapan Anda seperti roti gandum, oatmeal dan biji-bijian sejenis.

Bila karbohidrat simplek langsung dicerna seketika, karbohidrat komplek akan dipecah tubuh secara perlahan dan bertahap. Dengan demikian kadar gula darah tubuh juga akan terjaga tetap stabil sehingga terhindar dari rasa ngantuk setelah sarapan.

Karena itu, lengkapi menu sarapan dengan variasi buah potong ataupun sayuran. Selain menyegarkan, serat yang terdapat dalam buah dan sayur akan membantu memperlambat pencernaan karbohidrat di usus. Dengan demikian, energi yang dilepaskan dari asupan sarapan pagi hari Anda akan berlangsung bertahap dan terjaga stabil sepanjang hari.

Namun, jika sudah terlanjur mengonsumsi jenis makanan pencetus ngantuk setelah sarapan, siasatilah dengan berjalan-jalan di luar ruangan sambil melakukan olahraga ringan. Olahraga ringan seperti stretching akan memompa aliran darah dalam tubuh ke organ organ penting, termasuk otak sehingga dapat bekerja lebih optimal.

Segera ganti menu sarapan Anda dengan makanan yang mengandung karbohidrat komplek agar dapat melakukan aktivitas bekerja tanpa rasa ngantuk.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar