Sukses

Garam dan Keluhan Tekanan Darah Tinggi

Apakah mengonsumsi garam benar-benar berdampak buruk bagi tubuh, seperti memicu tekanan darah tinggi?

Klikdokter.com, Jakarta Apa yang muncul di benak Anda bila bicara tentang garam? Benar. Kebanyakan orang selalu menghubungkan konsumsi garam dengan keluhan tekanan darah tinggi.

Beberapa penelitian bahkan menemukan hubungan antara konsumsi garam berlebih dengan risiko penyakit jantung dan stroke. Namun di balik dampak buruk itu, garam juga memiliki manfaat baik bagi tubuh.

Sebuah studi yang dipulikasikan di American Journal of Medicine, tahun 2006, membandingkan asupan sodium harian pada 78 juta orang Amerika terhadap risiko kematian akibat penyakit jantung.

Penelitian tersebut menemukan, semakin banyak orang mengonsumsi sodium, semakin kecil kemungkinan mereka meninggal karena penyakit jantung.

Lantas, sebuah penelitian tahun 2007 yang diterbitkan dalam European Journal of Epidemiology tidak menemukan hubungan antara kadar sodium dan risiko penyakit jantung. Penelitian yang diikuti oleh 1.500 orang lanjut usia dilakukan selama lima tahun.

Hubungan antara konsumsi garam dengan hipertensi barulah ditemukan oleh Lewis Dahl dari Brookhaven National Laboratory. Mereka mengklaim memiliki bukti bahwa garam dapat menyebabkan hipertensi. Klaim tersebut didukung oleh riset melalui cara memberikan sodium sebanyak 500 gram per hari pada tikus.

Dahl juga menemukan sebuah populasi yang memiliki hubungan antara asupan garam dan tekanan darah tinggi. Orang yang tinggal di negara-negara dengan konsumsi garam tinggi, seperti Jepang, juga cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan menderita stroke.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Februari 2010 di New England Journal of Medicine memperkirakan, mengurangi asupan garam sekitar 35 persen akan menyelamatkan setidaknya 44.000 nyawa orang Amerika per tahun.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa konsumsi garam dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun di sisi lain, konsumsi garam juga dapat mendatangkan hal buruk. Agar tubuh terhindar dari keluhan tekanan darah tinggi dan penyakit lain, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai asupan garam harian yang tepat untuk tubuh Anda.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar