Sukses

Anyang-anyangan, Pertanda Infeksi Saluran Kemih?

Anyang-anyangan kerap dihubungkan dengan infeksi saluran kemih. Apakah selalu demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Anyang-anyangan memang ciri khas adanya infeksi saluran kemih. Namun, tidak semua anyang-anyangan pasti disebabkan oleh penyakit tersebut.

Anyang-anyangan adalah ketidaknyamanan saat buang air kecil berupa rasa tidak tuntas, panas, bahkan nyeri. Gejala ini lebih banyak dirasakan wanita karena posisi anatomi saluran kencing wanita yang lebih pendek dibanding pria sehingga mempermudah bakteri untuk masuk.

Lalu, apa sajakah penyebab terjadinya anyang-anyangan?

  • Gangguan saraf yang memengaruhi otot sekitar kantong kencing sehingga mengganggu proses buang air kecil.
  • Dehidrasi atau kurang minum.
  • Infeksi. Kondisi ini dapat ditegakkan jika diiringi gejala lain, seperti rasa terbakar saat buang air kecil, bau urine yang terlalu menyengat, rasa tidak nyaman pada perut bawah, demam, dan berdarah saat buang air kecil.
  • Batu saluran kemih. Biasanya disertai dengan nyeri hebat menjalar ke pinggang, mual, muntah, berdarah saat buang air kecil, demam, dan nyeri pada buah zakar.

Untuk mengetahui pasti penyebab dari anyang-anyangan, diperlukan wawancara dan pemeriksaan fisik yang lebih mendetail. Di samping itu, pemeriksaan penunjang seperti tes urine dan USG kandung kemih kadang diperlukan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Jika tak ingin terkena anyang-anyangan, perbanyaklah minum air putih untuk mengeluarkan bakteri dan melancarkan urine. Jagalah selalu kebersihan alat vital Anda. Jika keluhan berlanjut dan terus berulang, jangan anggap sepele. Tidak ada salahnya langsung menemui dokter guna mendapatkan penanganan yang lebih akurat.

[RS/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar