Sukses

Mantan Pacar Awkarin Dituding Kena Collapse by Design, Apa Itu?

Mantan pacar selebgram Awkarin, Oka, disebut-sebut meninggal karena collapse by design.

Klikdokter.com, Jakarta Kabar meninggalnya mantan kekasih selebgram Awkarin, Oka Mehandra Putra, masih saja mencuri perhatian. Pasalnya, CEO Takis Management itu sempat dikabarkan meninggal karena bunuh diri. Namun kabar tersebut cepat-cepat disangkal oleh pihak keluarga. Ayah dari Oka malah menyebut putranya meninggal karena Collapse by Design.

“Dia (meninggal karena) collapse by design, karena teman-temannya," kata ayah Oka saat menghadiri upacara pemakaman.
Apa itu Collapse By Design?

Menurut Psikolog, Ayoe Sutomo, sejauh ini dirinya belum mengenal dan belum pernah mendengar istilah collapse by design. Namun dia menyebut, sebelum seseorang memutuskan sesuatu terhadap hidupnya, pasti ada sebuah sebab dan akibat.

“Saya baru mendengar collapse by design semenjak ada kasus ini (Oka Mahendra). Tapi kalau saya melihatnya, kasus ini harus dilihat apa penyebabnya sampai bisa disebut collapse by design,” katanya saat dihubungi tim KlikDokter.

Ayoe menilai, kemungkinan dari konsep collapse by design adalah tekanan dari lingkungan sekitar yang membuat seseorang menjadi merasa tak berarti hingga akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup. Namun dia menilai hal tersebut belum tentu sesuatu hal yang memang ‘di-desain’ atau direncanakan, seperti pemahaman dari istilah tersebut.

“Bisa juga itu insidentil. Karena ada kondisi tertentu yang membuatnya merasa sangat tertekan, mungkin dijauhi temannya, dikucilkan di lingkungannya, kemudian tertekan dan depresi. Itu kan rentetannya begitu,” tutur Ayoe.

Masalah pernyataan dari keluarga Oka, yang menyebut Oka meninggal karena teman-temannya, menurut Ayoe, tidak bisa juga disebut sebagai sesuatu yang memang direncanakan atau di desain. Menurutnya, pasti ada sebuah penyebab yang membuat seseorang mengambil keputusan sebagai akibat dari kondisi tersebut.

Pernyataan ayah Oka tentang collapse by design mendapat reaksi beragam dari netizen. Umumnya mereka mengaku baru mengetahui dan mendengar istilah tersebut.

Dikutip dari bintang.com, respons beragam disampaikan para netizen melalui media sosial dan pemberitaan atas kejadian ini.
“Baru denger collapse by design,” kicau pemilik akun Twitter @DiajengLrst.

Hal senada juga diungkapkan oleh pemilik akun Twitter @aghaay, ”Collapse by design iku opo (itu apa-red)?” Sementara pemilik akun Twitter @hasnathufaila berkicau, ”I’ve spent all day long cuma buat nyari arti dari collapse by design.”

Anda tertarik dengan tema serupa, baca di sini. http://www.bintang.com/lifestyle/read/3030508/oka-mahendra-meninggal-collapse-by-design-jadi-perbincangan

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar