Kesehatan Umum

Mengapa Calon Jemaah Haji Harus Mendapat Vaksin Meningitis?

Gerardus Septian Kalis, 29 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Vaksin meningitis wajib diberikan bagi calon jamaah haji.

Mengapa Calon Jemaah Haji Harus Mendapat Vaksin Meningitis?

Anda ingin menjalankan ibadah haji dalam waktu dekat? Jika ya, ada satu persiapan, selain finansial dan mental, yang harus diperhatikan. Anda harus melakukan vaksin meningitis terlebih dahulu.

Sebab, lokasi untuk menunaikan ibadah haji juga menjadi titik temu seluruh penduduk dunia, sehingga berisiko menjadi tempat menularnya penyakit meningitis. Bahkan, pemerintah Arab Saudi mewajibkan semua calon jamaah haji untuk mendapatkan vaksin meningitis.

Meningitis meningokokus adalah salah satu penyakit dengan angka kematian yang tinggi karena menginfeksi selaput otak dan sumsum tulang belakang. Gejala meningitis yaitu mual, muntah, ruam di kulit, panas mendadak, dan nyeri di kepala.

Meningitis adalah penyakit yang disebabkan bakteri kelompok A, W, C, dan Y. Maka semua jamaah wajib mendapat satu dosis vaksin kuadrivalen polisakarida atau ACYW-135.

Pemberian vaksin ini sebaiknya dilakukan 2–3 minggu sebelum keberangkatan, dan tidak kurang dari 10 hari sebelum keberangkatan. Vaksin ini memberikan perlindungan dari meningitis selama 5 tahun. Sementara itu, untuk bayi dengan usia kurang dari 2 bulan, sebaiknya tidak diberikan vaksin ini.

Efek samping ringan yang terjadi pada orang yang mendapatkan vaksin meningitis adalah kemerahan pada area kulit yang disuntikan. Efek samping ini tidak lebih dari dua hari. Efek lain yang lebih serius bisa menyebabkan demam tinggi dan badan lemas.

Penelitian medis selama 30 tahun terakhir mengungkapkan, usia 11–25 tahun adalah usia rawan seseorang terinfeksi virus meningitis. Dalam beberapa kasus, orangtua tidak menyadari ancaman dari penyakit ini.

Vaksin ini biasanya diberikan pada wisatawan yang akan bepergian ke negara lain terutama ke daerah endemik, antara lain; Arab Saudi, Afrika, Amerika Utara, Amerika Latin, dan Selandia Baru.

Pada April 2016, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyosialisasikan produk vaksinasi meningitis terbaru bernama meningokokus (ACYW–135) yang diklaim halal bagi para calon jemaah haji dan umrah.

Jadi, itulah tadi alasan mengapa Anda harus melakukan vaksin meningitis terlebih dahulu. Jika ingin melakukan ibadah haji, Anda jangan sampai melewatkan vaksin meningitis demi menjaga kesehatan tubuh.

[BA/ RH]

Naik Hajivaksin meningitisJemaah HajiMeningitis

Konsultasi Dokter Terkait