Sukses

Fakta di Balik Perubahan Warna Feses Menjadi Gelap

Benarkah warna feses gelap pertanda sebuah penyakit? Ini faktanya!

Klikdokter.com, Jakarta Warna feses yang dikeluarkan sebagai sisa pencernaan tubuh manusia biasanya cokelat. Jika feses yang keluar berubah warna dan cenderung menjadi gelap, apa artinya? Apakah feses berwarna gelap berhubungan dengan penyakit tertentu?

Faktanya, feses memang bisa berubah menjadi beberapa warna. Mulai dari hijau, berwarna terang, hingga gelap atau hitam.

Bila Anda mengeluarkan feses berwarna hitam, berarti saluran pencernaan bagian atas di dalam tubuh Anda sedang mengalami perdarahan. Selain feses berwarna hitam, tanda lain yang biasanya menyertai adalah bentuk feses yang lebih cair dan berbau menyengat.

Namun tidak semua feses yang berwarna hitam menunjukkan kondisi yang berbahaya. Pada beberapa kasus, feses berwarna hitam mungkin juga disebabkan akibat konsumsi makanan atau obat-obatan tertentu.

Menurut direktur program penyakit usus inflamasi di Lenox Hill Hospital di New York City, Ays Arun Swaminath, MD, apa yang Anda konsumsi dapat memengaruhi warna feses yang dikeluarkan. “Beberapa bahan tertentu dalam beberapa makanan atau obat adalah alasan paling umum di balik feses berwarna gelap. Bahkan, makan Oreo juga bisa menyebabkan feses gelap,” katanya.

Warna Feses dan Artinya

Agar tidak salah kaprah, berikut fakta di balik perubahan warna feses manusia:

  1. Hijau

    Jika feses berubah menjadi warna hijau, bisa jadi ada yang salah dengan sistem percernaan Anda. Selain itu, feses berwarna hijau juga bisa disebabkan oleh konsumsi sayuran berdaun hijau, pewarna makanan hijau, dan suplemen zat besi.

  2. Berwarna Terang

    Feses berwarna terang bisa menjadi pertanda adanya penyumbatan dalam saluran empedu Anda. Feses yang keluar biasanya berwarna putih atau seperti tanah liat.

    Feses berwarna terang juga bisa terjadi akibat efek samping obat-obatan tertentu, seperti dosis besar bismut subsalicylate (Kaopectate, Pepto-Bismol) dan obat anti-diare lainnya.

  3. Kuning dan Berbau

    Kondisi yang satu ini biasanya merupakan tanda bahwa Anda memiliki kelebihan lemak di feses. Hal itu biasanya terjadi karena kelainan malabsorpsi, misalnya penyakit celiac.

  4. Merah Terang

    Terjadi perdarahan di saluran cerna bawah, seperti usus besar atau rektum, juga wasir. Anda harus waspada dan segera berkonsultasi dengan dokter jika feses berwarna merah terang seperti darah.

Perubahan warna feses memang tidak melulu menjadi tanda adanya penyakit dalam tubuh. Namun ada baiknya untuk lebih waspada dengan menjaga pola hidup dan pola makan, agar pencernaan lebih sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar