Sukses

Ini Dia Cara Melembutkan Rambut Secara Alami

Ingin rambut yang lembut dan sehat terawat? Ini bahan alami untuk kesehatan rambut yang dapat Anda manfaatkan!

Hampir tidak ada orang yang menolak untuk memiliki rambut halus dan lembut. Hal tersebut memang sulit diwujudkan, mengingat adanya faktor gaya hidup, penuaan, maupun teknik perawatan yang salah.

Seiring dengan berjalannya waktu, minyak alami rambut juga dapat hilang sehingga menyebabkan kekeringan dan kerapuhan. Lantas, harus bagaimana?

Apakah harus ke salon dengan biaya mahal untuk memiliki rambut yang lembut dan sehat?

Tidak juga. Faktanya, terdapat cara melembutkan rambut secara alami. Bahan-bahan yang digunakan pun dapat ditemukan dengan mudah di sekitar Anda.

Berikut beberapa cara melembutkan rambut secara alami menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda:

1 dari 6 halaman

1. Minyak Kelapa

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat menguntungkan untuk kulit kering, juga memiliki potensi lain untuk kesehatan rambut.

Minyak kelapa dapat menciptakan rasa halus dan kilauan rambut yang sehat berkat kemampuannya untuk menembus hingga ke batang rambut.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat menjadi suatu pembatas antara rambut dan air sehingga menahan molekul air yang dapat merusak kutikula rambut.

Untuk manfaat optimal, minyak zaitun dapat digunakan dalam jumlah sedikit. Cukup lapisi ujung rambut tips-tipis, sebanyak satu kali dalam seminggu.

2 dari 6 halaman

3. Minyak Argan

Didapat dari ekstrak buah argan, minyak ini sangat dikenal akan kelembapannya. Minyak argan telah ditambahkan ke dalam berbagai produk sampo, kondisioner, dan treatment rambut lainnya.

Minyak argan murni bahkan dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk mengatasi kekeringan pada rambut.

Oleskan minyak ini secara merata di rambut sebanyak satu kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

Artikel Lainnya: Cara Ampuh untuk Dapatkan Rambut Panjang dan Sehat

4. Pisang

Dengan menggunakan pisang sebagai masker, Anda dapat mengurangi frizz pada rambut.

Hal ini dapat bantu memenuhi kebutuhan nutrisi rambut, sehingga kelembapannya juga terjaga.

Dengan pemakaian masker pisang secara rutin rutin, kulit kepala yang mengalami iritasi juga akan terasa lebih baik.

3 dari 6 halaman

5. Cuka Apel

Cuka apel atau apple cider vinegar diduga dapat membantu keseimbangan pH kulit kepala dan membuang sisa-sisa produk perawatan yang tertinggal di rambut.

Dengan mencuci rambut menggunakan cuka apel, kutikula rambut dapat tertutup dan membuatnya lebih halus, lembut, serta berkilau.

6. Mayones

Mayones kaya akan L-sistein, yang merupakan asam amino dan antioksidan kuat untuk dapat merangsang pertumbuhan rambut yang sehat dan halus.

Manfaat tersebut dapat Anda rasakan dengan menggunakan masker rambut berbahan mayones satu kali seminggu.

Biarkan mayones berada di rambut Anda selama 30-60 menit, dan tutup menggunakan penutup rambut. Bilas hingga bersih setelahnya.

Artikel Lainnya: Rambut Kering dan Kasar, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

4 dari 6 halaman

7. Yoghurt

Tak hanya sebagai minuman yang lezat, yoghurt yang kaya akan asam laktat juga berguna melembutkan rambut.

Oleskan yoghurt tanpa rasa pada rambut Anda, dan diamkan selama 20 menit. Bilas menggunakan air hangat setelahnya, dan Anda akan merasakan kondisi rambut yang lebih lembut.

8. Aloe Vera dan Madu

Aloe vera berperan sebagai kondisioner alami, sedangkan madu memberikan efek hidrasi. Ketika digabungkan, keduanya dapat membuat rambut lembut dan bercahaya.

Gunakan campuran aloe vera dan madu sebagai masker rambut jika Anda ingin rambut halus seketika.

5 dari 6 halaman

9. Bir

Dengan kandungan mineral dan silika, bir mampu menyerap minyak dan memberi rambut volume. Membilas rambut menggunakan bir juga memberinya tekstur yang lebih halus.

Keramaslah dan bilas dengan air setelahnya. Setelah air bersih, bilas pula rambut Anda menggunakan bir yang telah didiamkan semalaman dengan kondisi botol terbuka.

Pijat sedikit kulit kepala Anda. Tutup pula rambut Anda menggunakan alat khusus selama 10 menit. Bilas kembali dengan air bersih setelahnya.

Artikel Lainnya: Takut Rambut Rontok, Cegah dengan Makanan Ini

10. Alpukat

Alpukat tinggi akan kandungan protein, asam amino dan, vitamin yang dapat memberi nutrisi pada rambut. Asam amino pada alpukat juga membuat rambut lebih halus dan terhidrasi, lho!

Cara menggunakannya: hancurkan satu alpukat yang sudah matang, tuangkan sedikit minyak zaitun dan madu.

Aduk rata hingga membentuk pasta. Aplikasikan racikan ini pada rambut, dan biarkan setengah jam sebelum dibilas menggunakan air mengalir.

Bahan alami untuk kesehatan rambut tersebut dapat Anda gunakan seminggu sekali.

Hindari penggunaan air panas untuk membilas rambut. Lebih baik gunakan air hangat atau air dingin saja. Jangan lupa gunakan sampo sekiranya dua hari sekali.

Apabila rambut kering, Anda tidak perlu menggunakan sampo setiap hari. Apabila Anda melakukan hair styling, gunakan setelan panas paling rendah dan berikan jeda seminggu agar rambut pulih kembali.

Apabila rambut Anda tetap kering meski sudah menggunakan bahan alami di atas, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut kepada dokter.

Kekeringan rambut berkepanjangan yang tidak membaik dengan perubahan gaya hidup dapat menandakan adanya kondisi medis tertentu.

Punya pertanyaan mengenai cara melembutkan rambut secara alami? Tak perlu ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar