Sukses

Lakukan Ini Jika Keracunan Makanan

Lakukan beberapa hal ini jika Anda menemui seseorang yang keracunan makanan.

Klikdokter.com, Jakarta Bila terindikasi keracunan makanan maka tubuh akan merespon dengan cepat. Akibatnya, tubuh akan mengeluarkan reaksi yang menyebabkan sakit kepala, gangguan pencernaan, jantung berdetak cepat atau gangguan lain yang lebih kompleks.

Seperti dilansir dari webmd.com, satu dari enam orang Amerika setiap tahunnya mengalami keracunan. Keracunan makanan sendiri lebih berisiko kepada bayi, anak kecil, wanita hamil dan orangtua.

Gejala yang muncul akan berbeda-beda, tergantung pada jenis dan zat menyebabkan keracunan. Ketika reaksi tubuh menunjukkan keracunan, maka perawatan harus dilakukan sesegera mungkin.

Berikut hal yang harus dilakukan jika Anda mengalami keracunan makanan:

  1. Berikan air mineral

    Berikan cairan pengganti yang cukup seperti air putih atau air kelapa untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang. Orang yang keracunan makanan sangat rentan mengalami dehidrasi.

    Jika penderita mengalami diare, maka air juga membantu agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan. Air juga akan membantu penderita tidak lemah sehingga kondisinya bisa cepat pulih.

  2. Tempatkan di posisi nyaman

    Hal pertama ketika Anda melihat orang yang menunjukkan gejala keracunan bawalah ia ke tempat yang nyaman. Setelah itu bantu penderita agar bisa berbaring dengan posisi sejajar sambil mengamati gejala yang terus muncul.

    Bantu penderita agar bisa mengatur nafas dengan baik sehingga bisa mengurangi rasa sakit. Jika penderita hendak muntah, usahakan agar penderita muntah dalam keadaan kepala menunduk agar cairan muntah tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

  3. Meminta bantuan medis

    Lakukan panggilan nomor darurat jika penderita sudah tidak sadar dan mengalami kesulitan bernapas atau kejang. Orang yang keracunan mungkin akan membutuhkan obat untuk melawan racun, jenis cairan infus dibutuhkan untuk membantu mengatasi rasa sakit.

Keracunan makanan terkadang bisa menyebabkan kondisi yang sangat parah pada tubuh bahkan dapat berakibat fatal yakni kematian. Karena itu, lakukan tindakan di atas agar orang yang keracunan makanan dapat segera tertolong.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar