Sukses

Jangan Minum Obat Bersamaan dengan Buah Delima

Tahukah Anda bahwa jenis obat tertentu tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan buah delima?

Klikdokter.com, Jakarta Siapa tak kenal buah delima. Si merah yang cantik ini kerap dikonsumsi utuh ataupun dalam bentuk jus. Meski menyehatkan, ternyata delima tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan jenis sobat tertentu.

Apa saja obat-obatan yang tidak boleh dikonsumsi bersama dengan buah delima?

  1. Obat antikonvulsan

    Peneliti dari Miyazaki Medical College Hospital di Jepang, dalam jurnal Drug Metabolism and Disposition: The Biological Fate of Chemicals menyebutkan bahwa minum jus buah delima bersamaan dengan obat antikonvulsan (carbamazepine) dapat mengganggu metabolisme obat di dalam hati. Efek samping dari obat pun bisa meningkat.

  2. Obat hipertensi

    Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice mengatakan, konsumsi buah delima dapat membantu menurunkan tekanan darah.

    Oleh karena itu, obat hipertensi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersamaan dengan buah delima karena bisa membuat tekanan darah Anda menurun drastis. Hal ini juga turut menimbulkan berbagai gejala, seperti pusing berputar, pandangan kabur, kelelahan atau pingsan.

  3. Obat antikoagulan

    Berdasarkan riset dari Imperial Healthcare NHS Trust London yang dipublikasikan di Emergency Medical Journal, konsumsi buah delima bersamaan dengan obat antikoagulan atau obat pengencer darah bisa mengurangi kecepatan pemecahan obat di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan peningkatan efek samping obat.

  4. Obat kolesterol

    Konsumsi obat kolesterol bersamaan dengan buah delima dapat meningkatkan risiko toksisitas di dalam tubuh.

    Di samping itu, riset oleh divisi kardiologi Hartford Hospital di Connecticut, Amerika Serikat yang dipublikasikan di American Journal of Cardiology juga menemukan bahwa konsumsi buah delima bersamaan dengan obat rosuvastatin (penurun kolesterol) dapat meningkatkan risiko pemecahan otot (rhabdomyolysis) dan menyebabkan gagal ginjal.

Meski nikmat, perhatikan saat yang tepat untuk makan buah delima. Ingat-ingat obat yang sedang Anda konsumsi. Bila obat-obatan di atas salah satunya, tahan dulu keinginan untuk menikmati buah cantik ini, ya.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar