Sukses

Memasak Bisa Bikin Hati Bahagia

Kesibukan yang menumpuk dapat membuat Anda stres dan tidak bahagia. Siapa sangka obatnya adalah kegiatan sederhana seperti memasak!

Klikdokter.com, Jakarta Pada zaman serba cepat dan instan seperti sekarang, memasak sudah semakin ditinggalkan. Kegiatan ini dianggap merepotkan dan banyak menghabiskan waktu. Namun ternyata memasak dapat membuat Anda bahagia. Apa saja alasannya?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Positive Psychology menemukan, orang-orang yang setiap harinya melakukan proyek kecil dan kreatif akan merasa lebih bahagia dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, mereka juga merasa lebih berkembang dalam kehidupan pribadinya.

Memasak merupakan suatu bentuk seni yang menantang sisi kreativitas Anda. Saat memasak, Anda akan memadukan berbagai macam bentuk, rasa, dan tekstur sehingga menjadi suatu masakan. Hal ini tentunya membuat otak lebih bekerja.

Selanjutnya, saat memasak Anda akan menggunakan bumbu dan bahan cantik dengan berbagai bentuk serta warna. Belum lagi bermacam-macam aroma yang dikeluarkan masakan. Perpaduan semua hal ini dapat menjadi semacam terapi yang menenangkan Anda.

Saat mempersiapkan bahan, Anda akan memotong, membuat adonan, menggulung, dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan ini dapat menjadi ‘saluran positif’ dari stres Anda sehari-hari. Jadi, saat kesal misalnya, dapat Anda tumpahkan dengan mencabik-cabik sayuran ketimbang diri Anda!

Memasak juga membuat Anda ‘berkuasa’. Andalah yang mengontrol potongan bahan, banyaknya bumbu, suhu panci, dan sebagainya sehingga akhirnya tercipta masakan. Saat sajian yang lezat jadi, Anda kemudian dapat membaginya dengan orang-orang tersayang.

Apalagi jika masakan Anda dipuji, pastinya akan meningkatkan rasa percaya diri. Anda pun akan lebih bersemangat dalam menjalani hari-hari.

Ternyata banyak sekali alasan kenapa memasak membuat Anda bahagia. Jika Anda sibuk, tak perlu dipaksakan memasak setiap hari. Namun, Anda bisa menyisihkan waktu setidaknya satu-dua kali seminggu untuk memasak. Memasak bersama anggota keluarga juga dapat menjadi sarana bonding yang baik.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar