Sukses

Memasak Bisa Bikin Hati Bahagia

Kesibukan yang menumpuk dapat membuat Anda stres. Siapa sangka obatnya adalah kegiatan sederhana seperti memasak? Ini manfaat memasak bagi kesehatan mental.

Ketika Anda mulai merasa jenuh, kadang Anda menjadi kurang produktif dalam bekerja. Saat mengalami hal ini, liburan atau berbagai hiburan lain menjadi jalan keluar untuk mengobati rasa penat yang dialami.

Namun, terdapat aktivitas yang mudah dilakukan di rumah dan dapat membantu meningkatkan kebahagiaan kita, yakni memasak. Ya, memasak dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan melupakan kepenatan yang dialami. Berikut manfaat memasak bagi kesehatan mental. 

1 dari 2 halaman

Manfaat Memasak bagi Kesehatan Mental Anda

Pada zaman serba cepat dan instan seperti sekarang, memasak sudah semakin ditinggalkan. Kegiatan ini dianggap merepotkan dan banyak menghabiskan waktu. Namun ternyata memasak dapat membuat Anda bahagia. Apa saja alasannya?

1. Membantu Mengembangkan Diri

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Positive Psychology menemukan, orang-orang yang setiap harinya melakukan proyek kecil dan kreatif akan merasa lebih bahagia dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, mereka juga merasa lebih berkembang dalam kehidupan pribadinya.

Artikel lainnya: Sering Nonton Acara Memasak Bareng Anak? Ternyata, Ada Manfaat Sehatnya!

2. Meningkatkan Kreativitas

Memasak merupakan suatu bentuk seni yang menantang sisi kreativitas Anda. Saat memasak, Anda akan memadukan berbagai macam bentuk, rasa, dan tekstur sehingga menjadi suatu masakan. Hal ini tentunya membuat otak lebih bekerja.

3. Meningkatkan Kesabaran

Semudah apa pun proses memasak yang kita kerjakan, semuanya membutuhkan proses dari mengolah bahan yang masih mentah hingga menjadi sebuah masakan yang layak dikonsumsi. Proses ini membantu melatih kesabaran kita dalam melewati proses kehidupan.

4. Menenangkan Hati

Selanjutnya, saat memasak Anda akan menggunakan bumbu dan bahan cantik dengan berbagai bentuk serta warna. Belum lagi bermacam-macam aroma yang dikeluarkan masakan. Perpaduan semua hal ini dapat menjadi semacam terapi yang menenangkan Anda.

5. Meredakan Stres

Manfaat memasak bagi kesehatan mental lainnya adalah dapat meredakan stres. Saat mempersiapkan bahan, Anda akan memotong, membuat adonan, menggulung, dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan ini dapat menjadi ‘saluran positif’ dari stres Anda sehari-hari. 

Artikel lainnya: Mitos dan Fakta tentang Kesehatan Mental

6. Merasakan Pencapaian Tertentu

Memasak juga membuat Anda ‘berkuasa’. Andalah yang mengontrol potongan bahan, banyaknya bumbu, suhu panci, dan sebagainya sehingga akhirnya tercipta masakan. Saat sajian yang lezat jadi, Anda kemudian dapat membaginya dengan orang-orang tersayang.

7. Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Orang Lain

Ketika kita memasak untuk orang lain, tidak hanya kita dapat merasa memiliki suatu pencapaian tertentu. Namun, juga dapat membantu meningkatkan kualitas hubungan dengan orang-orang di sekitar kita, khususnya yang mencicipi makanan yang telah kita buat. 

Tidak ada salahnya juga untuk mengajak orang lain terlibat dalam proses memasak, sehingga akan menjadi solusi untuk meningkatkan kedekatan hubungan dengan teman dan keluarga.

8. Menaikkan Kepercayaan Diri

Salah satu manfaat memasak bagi kesehatan mental adalah dapat menaikkan rasa percaya diri. Jika masakan Anda dipuji, pastinya akan membuat Anda senang dan lebih percaya diri. Anda pun akan lebih bersemangat dalam menjalani hari-hari. Dan tentunya, semakin semangat lagi untuk memasak kembali di kesempatan berikutnya.

Ternyata, banyak sekali alasan kenapa memasak membuat Anda bahagia. Jika Anda sibuk, tak perlu dipaksakan memasak setiap hari. Namun, Anda bisa menyisihkan waktu setidaknya satu-dua kali seminggu untuk memasak. Memasak bersama anggota keluarga juga dapat menjadi sarana bonding yang baik.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat memasak bagi kesehatan mental Anda? Tanyakan langsung melalui fitur Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. Gratis! 

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar