Sukses

Produk Kecantikan yang Aman untuk Ibu Hamil

Tentu saja tak ada yang salah jika ibu hamil ingin tampil cantik. Tapi bagaimana aturan produk kecantikan yang aman digunakan saat hamil?

Klikdokter.com, Jakarta Setiap wanita pasti ingin senantiasa tampil cantik. Semua aspek mulai dari pakaian hingga kosmetik, akan menjadi hal yang sangat menyita perhatian kaum wanita. Namun, ketika memasuki masa kehamilan, seorang wanita harus rela untuk menghindari kebiasaan memakai kosmetik atau produk kecantikan lainnya.

Mengapa demikian? Sebab, ada beberapa kandungan di dalam kosmestik yang tidak aman untuk ibu hamil. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil saat hendak memakai produk kecantikan untuk perawatan:

  1. Hindari produk pemutih gigi

    Peroxide adalah kandungan yang ada di dalam pemutih gigi. Peroxide aman untuk orang dewasa, namun untuk ibu hamil belum diketahui aman atau tidak. Karena itu, penggunaan produk pemutih gigi sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Namun pasta gigi yang disebut dapat memutihkan gigi masih boleh digunakan.

  2. Hairspray dan pewarna kuku

    Dalam sebuah penelitian, ditemukan zat phthalate di dalam hairspray dan pewarna kuku. Untuk menghindari pengaruh dari zat tersebut, Anda dapat menggunakan pewarna kuku yang bebas dari zat phthalate.

    Anda juga bisa menggunakan pewarna kuku di ruangan dengan ventilasi udara yang baik. Jika pewarna kuku kering, maka sangat sedikit risiko untuk memengaruhi janin, sebab bahan kimia sulit menembus kuku.

    Terkait penggunaan hairspray, karena zat ini bersifat mudah terhirup ke saluran pernapasan, Anda lebih baik menggantinya dengan gel.

  3. Tabir surya

    Tabir surya penting, karena kulit ibu hamil biasanya menjadi lebih sensitif. Namun Anda perlu tahu bahwa beberapa tabir surya mengandung oxybenzone dapat memengaruhi berat badan bayi ketika lahir.

    Jadi, agar tetap aman, Anda dapat menggunakan tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide. Kandungan ini dapat melakukan filterisasi pancaran sinar ultraviolet (UV). Batasi waktu Anda terkena sinar matahari, terutama pada pukul 10 pagi hingga 2 siang.

  4. Pewarna rambut

    Belum ada riset yang meneliti hubungan pewarna rambut dengan bahaya dalam kehamilan. Namun beberapa dokter tidak merekomendasikan pemakaian pewarna rambut. Efek penyerapan pewarna rambut ke kulit memang sedikit, namun bila terpaksa sebaiknya hindari pewarnaan rambut pada trimester pertama.

  5. Penggunaan lipstik

    Beberapa produk lipstik mengandung timah yang berfungsi untuk memperpanjang efek lipstik. Efek dari timah dalam lipstik belum diketahui, namun para dokter menganjurkan agar menghindari lipstik yang mengandung timah.

  6. Krim anti kerut

    Sebelum mengoleskan krim anti kerut ke wajah, Anda perlu mengecek kandungannya terlebih dahulu. Beberapa krim anti kerut mengandung retinol yang dapat menggangu perkembangan janin. Anda sebaiknya membawa terlebih dahulu krim anti kerut milik Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

Kado terindah untuk pasangan suami istri adalah kehamilan. Agar kelak bayi terlahir sehat, Anda perlu mewaspadai penggunaan kosmetik atau produk kecantikan lainnya pada ibu hamil seperti yang dijelaskan di atas.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar