Sukses

Waspadai Bahaya Wanita Hamil yang Kurang Gizi

Anda sedang hamil? Pastikan Anda tidak kurang gizi jika tidak ingin hal ini terjadi.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi wanita hamil, memastikan diri agar tidak kurang gizi adalah hal yang sangat penting. Karena jika itu terjadi, dampaknya tidak hanya pada diri sendiri, tetapi juga pada janin yang ada dalam kandungan.

Berikut adalah beberapa dampak bahaya dari wanita hamil yang kurang gizi:

  1. Pertumbuhan janin yang terhambat

    Wanita hamil yang kurang gizi menyebabkan pertumbuhan janin yang terhambat atau intrauterine growth retardation (IUGR), berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, kelainan sistem saraf, pencernaan, pernapasan dan peredaran darah, cacat lahir, serta kerusakan organ di dalam tubuh.

    Hal terburuk yang bisa terjadi akibat kondisi kurang gizi pada wanita yang sedang ahmil adalah kematian janin mati dalam kandungan. Selain itu juga bisa menyebabkan kematian bayi di bawah usia 7 hari.

  2. Gangguan kesehatan hingga kematian sang ibu

    Tidak hanya pada janin, wanita hamil yang kurang gizi juga memberikan dampak bahaya bagi dirinya sendiri. Sebab kondisi ini membuat sang ibu berisiko tinggi terkena anemia, infeksi, lemah, atau bahkan keguguran.

    Tak hanya itu, wanita yang sebelum hamil memiliki berat badan kurang juga berisiko tinggi untuk kehilangan nyawa saat hamil.

Ingatlah bahwa makanan yang dikonsumsi saat hamil adalah satu-satunya sumber gizi untuk Anda dan janin yang ada di dalam kandungan. Karena itu, penting bagi untuk menjaga kecukupan gizi harian sebelum dan saat hamil. Dengan ini, Anda dan janin akan terlindung dari bahaya kurang gizi.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar