Sukses

3 Makanan yang Perlu Dihindari Wanita

Ingin tetap sehat sebagai wanita? Pastikan Anda tidak mengonsumsi 3 makanan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Makan adalah salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Tapi siapa sangka, ternyata ada makanan tertentu yang justru berbahaya, khususnya bagi wanita.

Apa saja makanan tersebut?

  1. Makanan laut

    Ikan, kerang, udang, dan berbagai hewan laut lainnya memang baik untuk kesehatan. Ini karena biota laut tersebut merupakan sumber protein dan omega-3 yang baik untuk tubuh.

    Namun, ada beberapa ikan yang harus dihindari khususnya oleh wanita, seperti ikan hiu dan cucut. Ikan-ikan tersebut memiliki kandungan merkuri, yang jika kadarnya terlalu banyak di dalam tubuh dapat menganggu perkembangan janin dalam rahim.

    Tak hanya ikan hiu dan cucut, wanita hamil atau berencana untuk hamil juga sebaiknya membatasi konsumsi kerang-kerangan. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi ikan salmon, tuna, atau ikan dori.

  2. Makanan kaleng

    Beberapa makanan dalam kemasan kaleng mengandung bisphenol-A (BPA), yang merupakan estrogen sintetis. Zat ini telah lama dikaitkan dengan meningkatnya risiko berbagai penyakit, mulai dari gangguan reproduksi hingga peningkatan risiko diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

    Daripada mengonsumsi makanan kemasan kaleng, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang dikemas dalam botol atau toples kaca. Tetap perhatikan jenis makanan yang Anda pilih, ya!

  3. Makanan manis

    Gula merah, gula putih, atau sirup jagung telah terbukti dapat meningkatkan berbagai gejala ketidakseimbangan hormon pada wanita. Ini karena penyakit obesitas dan diabetes akibat konsumsi gula berlebih dapat mengganggu siklus menstruasi, dan menjadi salah satu penyebab terjadinya PCOS pada wanita.

Sebenarnya masih terdapat makanan lain yang sebaiknya dihindari, seperti makanan dengan pemanis buatan, makanan yang terlalu tinggi kalsium, dan sebagainya. Makanan tersebut pun tidak harus dihindari oleh wanita, tapi juga oleh pria. Tetap waspada, tetap jaga kesehatan Anda!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar