Sukses

Hewan Pengisap Darah yang Berbahaya bagi Manusia

Meski bentuknya kecil, hewan pengisap darah berikut bisa mebahayakan kesehatan Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak hanya drakula, hewan juga bisa menjadi pengisap darah. Ini karena jenis hewan tertentu memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan cara mengisap darah manusia ataupun hewan lainnya.

Sayangnya hewan-hewan tersebut tidak hanya mengisap darah, melainkan juga membawa wabah penyakit. Berikut beberapa hewan pengisap darah yang berbahaya bagi manusia:

  1. Nyamuk

    Nyamuk adalah hewan yang paling sering merenggut nyawa manusia. Ini karena beberapa jenis nyamuk pengisap darah juga menyebarkan penyakit berbahaya, seperti malaria, demam berdarah, dan kaki gajah.

  2. Cacing tambang

    Kebiasaan berjalan di tanah tanpa alas kaki menyebabkan larva cacing tambang untuk masuk ke dalam tubuh. Cepat atau lambat, hewan ini akan terus bergerak ke aliran darah dan menuju ke usus. Di usus, cacing tambang dewasa mendapatkan makanan dengan cara mengisap darah. Infeksi cacing ini dapat menyebabkan anemia.

  3. Lintah dan pacet

    Lintah dan pacet merupakan hewan yang juga mendapatkan makanan dengan cara mengisap darah hewan lain atau manusia. Lintah sering terdapat di air sedangkan pacet hidup di daun atau batang pohon. Keduanya dapat mengeluarkan zat yang mampu mencegah pembekuan darah saat ‘mengisap’ korbannya.

  4. Kutu busuk (kepinding)

    Kutu busuk atau kepinding merupakan hewan yang dapat menempel di kulit manusia, terutama jika Anda melakukan perjalanan ke hutan, kebun, atau sawah. Saat kutu ini menempel di kulit, ia juga akan mengisap darah Anda.

  5. Kutu loncat

    Kutu loncat banyak terdapat pada hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing. Jika tidak dibasmi, hewan ini dapat mengisap darah manusia. Dahulu, kutu loncat sempat menjadi agen penyebar wabah penyakit pes di Eropa.

Sekarang Anda sudah tahu bahwa hewan pengisap darah bukanlah kelelawar saja. Tetap waspada, jangan sampai hewan-hewan berbahaya tersebut berkesempatan untuk mengisap darah Anda!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar