Otot dan Sendi

Benarkah Kotoran Hidung Sembuhkan Asam Urat Tinggi?

Kartika Tarigan, 26 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada kabar yang menyebutkan bahwa asam urat tinggi bisa disembuhkan dengan kotoran hidung. Benarkah ini?

Benarkah Kotoran Hidung Sembuhkan Asam Urat Tinggi?

Media sosial kembali ramai. Kali ini netizen sibuk mencibir postingan Mulan Jameela, yang mencetuskan metode baru untuk menyembuhkan penyakit. Lewat fitur story di akun instagram pribadinya, Mulan mengatakan cara baru untuk menyembuhkan asam urat tinggi dengan kotoran hidung.

Benarkah penyakit yang disebabkan asam urat tinggi dapat sembuh dengan menaruh kotoran hidung di area yang sakit?Sebelum mengetahui jawabannya, Anda perlu tahu bahwa kadar asam urat tinggi dapat menyebabkan penyakit artritis gout. Ini adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengeluarkan asam urat berlebih, sehingga kristal asam urat akan menumpuk di jaringan tubuh. Penyakit ini ditandai dengan peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh, dan menyebabkan radang pada persendian.

Mengatasi Asam Urat Tinggi

Untuk mencegah kadar asam urat meningkat, Anda harus membatasi konsumsi makanan yang mengandung tinggi purin, seperti sarden, kangkung, jeroan, dan bayam. Dengan membatasi asupan purin, pengeluaran asam urat dari tubuh menjadi lebih lancar dan kadarnya pun menjadi lebih sedikit.

Diet untuk asam urat dapat dipermudah dengan melakukan kiat sederhana berikut ini:

  1. Konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat kompleks dapat membantu pengeluaran asam urat melalui urine. Zat ini bisa Anda temukan pada singkong, roti, dan ubi.Di samping itu, Anda juga perlu melakukan diet rendah lemak. Ini karena lemak cenderung menjadi penghambat pengeluaran asam urat.
  2. Kurangi konsumsi protein, karena zat ini dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.
  3. Minum air mineral sebanyak 2-3 liter sehari turut membantu dalam pengeluaran asam urat berlebih, serta mencegah pengendapan asam urat di dalam tubuh
  4. Hindari alkohol, sebab zat ini dapat menjadi penghambat pengeluaran asam urat dari tubuh.Selain cara di atas, Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan tertentu. Menurut dr. Nitish Basant Adnani BmedSc, obat-obatan yang bisa dikonsumsi adalah golongan NSAIDs seperti ibu profen atau naproxen, obat kortikosteroid, colchicines, dan alloupurinol.

Hingga saat ini cara-cara di atas masih digunakan dan cukup membantu menangani pun menghindarkan tubuh dari nyeri akibat asam urat tinggi. Di luar itu, belum ada penemuan maupun penelitian medis yang menyebutkan bahwa kotoran hidung bisa menyembuhkan asam urat.

[NB/ RVS]

Mulan JameelaAsam Urat TinggiKotoran HidungAsam Urat

Konsultasi Dokter Terkait