Sukses

John McCain Didiagnosis Terkena Kanker Otak

Senator Amerika Serikat dari wilayah Arizona, John McCain, didiagnosis menderita kanker otak.

Klikdokter.com, Jakarta Senator Amerika Serikat dari wilayah Arizona, John McCain, didiagnosis menderita kanker otak. McCain dirawat di Mayo Clinic Hospital, Phoenix. Pihak rumah sakit telah mengonfirmasi bahwa McCain menderita glioblastoma.

Glioblastoma adalah salah satu jenis kanker yang terbentuk di jaringan otak dan sumsum tulang belakang. Pria yang sering melakukan kritik terhadap Donald Trump dan Barrack Obama tersebut telah menjalani operasi selama 3-4 jam.

Kini, kondisi Mccain sudah membaik. Dia sudah kembali ke rumahnya di Arizona. Langkah selanjutnya, McCain akan menjalani kemoterapi dan radiasi.

Seperti ditulis CNN, sebuah pernyataan dari kantor senator mengungkapkan bahwa McCain berterima kasih kepada para dokter dan staf di Mayo Clinic atas perawatan mereka yang luar biasa, dan yakin bahwa perawatan selanjutnya akan efektif.

Seorang koresponden medis CNN, dokter Sanjay Gupta mengungkapkan, kanker yang diderita McCain adalah kanker yang agresif. Dia mengatakan bahwa proses penyembuhan seseorang yang menderita glioblastoma memakan waktu sekitar 14 bulan. Dalam kasus McCain, kemungkinan dapat berlangsung sekitar 3-4 minggu.

Lewat seorang dokternya, McCain bercerita bahwa kadang-kadang ia merasa pandangannya buram dan tidak fokus seperti biasanya. Dokternya juga mengungkapkan bahwa McCain dapat mudah mengingat kembali usai operasi.

Sementara itu, American Brain Tumor Association melalui salah satu penelitiannya mengungkapkan, hampir 10% pasien penderita glioblastoma dapat hidup lima tahun atau lebih.

John McCain yang kini tengah menjalani proses pemulihan pasca operasi glioblastoma, telah melewati berbagai krisis kesehatan pada masa lalu. Salah satu penyakit yang pernah menyerangnya adalah melanoma, jenis kanker kulit paling berbahaya, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya akibat ditahan di kamp-kamp tahanan perang Vietnam pada tahun 1967-1973.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar