Sukses

4 Makanan yang Harus Dihindari Kalau Ingin Lebih Produktif

Agar lebih produktif di kantor, Anda harus menghindari makanan dan minuman berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Tingkat produktivitas dan semangat Anda dalam melakukan sesuatu tak jarang dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Sejumlah ahli menyebut, ada beberapa makanan yang dapat membuat Anda lebih produktif, begitu juga sebaliknya.

Dilansir dari livestrong.com, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu Anda hindari untuk menjaga tingkat produktivitas di kantor. Berikut di antaranya:

  1. Minuman Manis

    Minuman manis biasanya terbuat dari sejumlah banyak gula yang dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Selain itu, minuman manis berpotensi besar mendatangkan kantuk sehingga membuat produktivitas Anda menurun.

    Menurut ahli, mengonsumsi makanan dan minuman manis dapat menyebabkan kantuk. Sebab, setelah menyantap makanan manis pankreas akan mengeluarkan insulin. Ini membuat asam amino triptofan berpindah ke otak dan meningkatkan produksi
    serotonin maupun melatonin.

    Asam amino triptofan merupakan senyawa yang berfungsi dalam pembentukan serotonin dan melanin yang turut bekerja dalam meningkatkan kualitas tidur. Pada akhirnya, timbul perasaan kantuk setelah mengonsumsi makanan dan minuman manis.

  2. Makan yang Dibekukan

    Tak jarang Anda menyisakan makanan dan menyimpannya di lemari pendingin untuk dikonsumsi saat makan malam. Namun, tahukah Anda ternyata kebiasaan yang satu ini dapat membuat tingkat produktivitas Anda menurun.

    Makanan yang telah dibekukan, terutama makanan olahan, memiliki kandungan sodiumyang sangat tinggi. Sodium merupakan nutrisi yang dapat mengancam tingkat produktivitas Anda.

    "Sudah menjadi rahasia umum bahwa kurang mengonsumsi garam dapat memengaruhi tekanan darah Anda dan merusak jantung. Tapi, makanan yang mengandung garam dalam jumlah tinggi dapat mengganggu kemampuan Anda untuk berpikir,” kata Rene Ficek, ahli diet terdaftar di Seattle Sutton's Healthy Eating.

  3. Kentang Goreng

    Kentang goreng dan keripik bisa jadi pemicu menurunnya tingkat produktivitas Anda. Meski memiliki rasa yang sangat menggiurkan, mengunyah kentang atau keripik dapat mendatangkan malapetaka pada produktivitas.

    Menurut ahli kesehatan, saat makan kentang goreng atau keripik kentang, Anda mengirimkan banyak sekali tepung dan lemak ke dalam sistem tubuh. Inilah yang membuat Anda jadi kurang berenergi.

  4. Kue Manis

    Deretan kue-kue yang memiliki penampilan lucu seperti kue pretzel memang menggugah selera. Namun, kue-kue yang terbuat dari bahan pemanis tersebut dapat menyebabkan Anda menjadi malas.

    Serupa dengan makanan dan minuman manis, efek yang ditimbulkan oleh kue-kue tersebut juga dapat memicu kantuk. Hal itulah yang akhirnya menjadikan Anda tidak produktif.

Untuk menjaga tingkat produktivitas Anda, ada baiknya memilih makanan dengan lebih bijak. Selain membantu Anda lebih produktif dan bersemangat, tidak makan sembarangan pun dapat membuat kesehatan tubuh terjaga.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar