Sukses

4 Kesalahan dalam Memakai Tabir Surya

Tabir surya sangat bermanfaat bagi kulit. Namun masih banyak yang melakukan kesalahan dalam memakai tabir surya.

Klikdokter.com, Jakarta Sinar matahari ibarat pisau bermata dua bagi kesehatan. Di satu sisi, sinar matahari baik untuk membantu pembentukan vitamin D. Namun paparan sinar matahari secara berlebihan di waktu yang tidak tepat dapat membahayakan kulit.

Selain dapat mempercepat penuaan dini, paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari juga bisa meningkatkan risiko terjadinya keganasan atau kanker kulit. Untuk itu, penggunaan tabir surya secara rutin sangat dianjurkan.

Sayangnya, masih banyak yang melakukan kesalahan saat memilih dan memakai tabir surya. Berikut ini beberapa kesalahannya:

  1. Bebas berlama-lama berjemur di bawah sinar matahari

    Ada hal menarik dari studi yang dipublikasikan di International Journal of Cancer. Studi tersebut menemukan bahwa partisipan yang menggunakan tabir surya dengan SPF 30 cenderung merasa lebih aman.

    Hal tersebut didapat dari membandingkannya dengan mereka yang hanya menggunakan tabir surya dengan SPF 15. Mereka menghabiskan waktu 25 persen lebih lama berjemur di bawah sinar matahari.

    Hal tersebut sesungguhnya salah. Anda mungkin memang telah memiliki perlindungan tabir surya dengan SPF 75. Namun bila tidak diaplikasikan kembali secara berulang, Anda tetap tidak akan terlindungi dari sinar UV.

  2. Tabir surya rendah SPF saat beraktivitas di luar ruangan

    Bila lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan, memakai tabir surya dengan SPF 15 sebetulnya sudah cukup. Namun jika banyak menghabiskan waktu di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, Anda harus memilih tabir surya dengan SPF lebih tinggi. Misalnya SPF 30 atau 45.

    Produk SPF 15 dapat memblok sinar UVB sebanyak 94 persen. Sedangkan SPF 30 sebesar 97 persen dan SPF 45 sebesar 98 persen.

  3. Melupakan area tertentu

    Sama seperti area kulit lainnya, bibir juga rentan terkena pengaruh buruk sinar UV. Untuk itu, gunakanlah pelembap bibir (lipbalm) dengan kandungan tabir surya dengan SPF. Aplikasikan secara rutin, pelembap bibir akan mudah hilang saat makan, minum, atau bicara.

  4. Menggunakan tabir surya untuk tubuh pada wajah

    Apakah Anda sering melakukan hal ini karena enggan membeli banyak produk? Mulai sekarang, Anda harus mengganti kebiasaan ini. Sebab, kulit wajah berbeda dengan kulit di area tubuh lain.

    Kulit wajah lebih sensitif dan lebih rentan mengalami iritasi. Anda pemilik kulit wajah Anda sensitive? Menggunakan tabir surya untuk tubuh, terlebih yang mengandung SPF tinggi, dapat memicu jerawat.

Itulah beberapa kesalahan dalam memakai tabir surya. Sekarang, Anda bisa mengubahnya. Ingat, Anda perlu menggunakan tabir surya secara rutin dan pakai kembali setiap dua jam sekali, terlebih jika banyak berkeringat.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar