Sukses

5 Kebiasaan Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih bisa terjadi akibat kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari. Kenali, hindari!

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda mengalami anyang-anyangan, nyeri saat buang air kecil, atau urine berwarna keruh? Jangan anggap sepele, bisa jadi Anda mengalami infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih merupakan kondisi yang memberikan gejala berupa sering buang air kecil, urine keluar sedikit-sedikit, tidak tuntas, nyeri, atau urine berubah warna menjadi keruh atau kemerahan.

Infeksi saluran kemih bisa disebabkan oleh kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari. Berikut 5 kebiasaan pemicu terjadinya kondisi ini:

  1. Kurang minum

    Kurang minum menyebabkan produksi urine berkurang. Ini dapat memicu infeksi saluran kemih, karena buang air kecil (BAK) merupakan cara terbaik untuk mengeluarkan bakteri di saluran kemih.

    Untuk mencegahnya, pastikan Anda minum minimal 8 gelas air putih setiap hari.

  2. Menahan buang air kecil

    Semakin lama urine tertahan, kandung kemih akan menjadi tempat yang baik bagi bakteri untuk berkembang. Cepat atau lambat, bakteri ini dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, yang dapat menyebar ke ginjal.

  3. Membasuh vagina dari belakang ke depan

    Membasuh vagina dari belakang (anus) ke arah depan setelah buang air kecil bisa memicu infeksi saluran kemih. Ini karena hal tersebut membuat bakteri yang ada di anus berpindah ke vagina, yang akhirnya dapat masuk ke dalam saluran kemih Anda.

  4. Menggunakan pakaian dalam yang lembap dan basah

    Pakaian dalam yang lembap dan basah dapat menciptakan lingkungan yang nyaman bagi bakteri untuk tumbuh dan berkembang. Hal ini memperbesar risiko Anda terkena infeksi saluran kemih.

    Karena itu, pastikan Anda mengganti pakaian dalam minimal 2 kali per hari, atau saat ketika pakaian dalam Anda basah maupun lembap.

  5. Mandi berendam

    Produk untuk mandi berendam banyak mengandung bahan sintetik, yang jika didiamkan di dalam air dalam waktu lama dapat mengiritasi saluran kemih Anda. Di samping itu, air juga bisa menjadi sumber bakteri dari kulit atau dari produk yang Anda gunakan.

    Agar lebih higienis, mandilah menggunakan air pancuran (shower). Namun jika terpaksa harus berendam, pastikan Anda tidak melakukannya terlalu sering.

Demikian berbagai kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika Anda merasa mengalami gejala yang berhubungan dengan kondisi ini, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar