Sukses

Susah Hamil Gara-gara Keputihan?

Keputihan adalah salah satu kondisi yang membuat wanita susah hamil. Temukan faktanya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu masalah kesehatan yang sering menghantui wanita adalah keputihan. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, kondisi ini juga sering dituding membuat wanita susah hamil.

Secara sederhana, keputihan dapat diartikan sebagai keluarnya cairan dari vagina. Keputihan dibagi menjadi 2, yaitu keputihan tidak normal dan keputihan normal.

Keputihan Tidak Normal

Keputihan tidak normal adalah suatu kondisi keluarnya cairan vagina berbentuk kental, berwarna putih, kuning atau hijau, berbau tidak sedap, dan menyebabkan gatal-gatal.

Keputihan tidak normal terjadi akibat infeksi bakteri atau jamur. Jika tidak segera diatasi, maka infeksi dapat menyebar ke sistem reproduksi lainnya.

Keputihan tidak normal dapat menyebabkan seorang wanita susah hamil. Karena pada kondisi ini, cairan yang dikeluarkan sangat banyak, kental, dan cenderung menutupi mulut rahim. Dengan ini, sperma akan mengalami kesulitan untuk menembusnya, sehingga pembuahan pun tidak akan terjadi.

Keputihan Normal

Pada keputihan normal, cairan yang keluar dari vagina berbentuk cair, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak menyebabkan gatal.
Jika keputihan tidak normal membuat wanita susah hamil, maka keputihan normal memberikan efek sebaliknya. Ini karena keputihan normal bisa menjadi salah satu tanda dari tibanya masa subur wanita.

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa keputihan memang dapat menyebabkan susah hamil. Oleh karena itu, jika Anda menemukan ciri-ciri keputihan yang demikian, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar