Sukses

Konsumsi Daging Merah Bisa Jadi Kawan atau Lawan

Daging merah hampir tidak pernah absen dari menu makanan sehari-hari. Apa saja dampak dan manfaat mengonsumsi daging merah?

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa penelitian mengaitkan asupan daging merah yang berlebih dengan risiko terjadinya penyakit jantung. Hasilnya, konsumsi daging merah berlebih dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dan kolesterol dalam tubuh yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Selain itu, beberapa sumber juga menyampaikan bahwa bila daging merah dikonsumsi secara berlebihan dapat menjadi salah satu faktor risiko untuk penyakit ginjal tertentu.

Saat ini, World Health Organization (WHO) sedang meneliti jenis-jenis daging merah dan kaitannya dengan berbagai jenis kanker. Selain jumlah daging merah, cara memasaknya juga penting untuk dipertimbangkan. Memasak daging merah pada suhu yang sangat tinggi, seperti dibakar atau barbecue, dianggap dapat meningkatkan risiko terhadap beberapa jenis kanker.

Meski konsumsi daging merah dikaitkan dengan berbagai dampak, makanan ini juga kaya akan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin B, zink, dan zat besi. Dengan mengonsumsi daging merah dalam jumlah yang dianjurkan, nutrisi tersebut dapat membawa manfaat bagi tubuh.

Jika Anda tidak pernah lepas mengonsumsi daging, pertimbangkan ukuran porsi yang Anda konsumsi. Dengan membatasi asupan daging merah sesuai porsi yang disarankan, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar