Sukses

Amankah Makan Lalapan atau Sayur Mentah saat Hamil?

Tidak semua jenis makanan baik atau aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Bagaimana dengan lalapan atau sayur mentah?

Klikdokter.com, Jakarta Lalapan atau sayur mentah banyak ditemukan di dalam menu diet sehari-hari. Dalam keadaan normal, Anda mungkin akan memakannya tanpa ragu-ragu. Namun saat hamil, Anda menjadi ragu dan mulai bertanya-tanya, amankah makan lalapan atau sayur mentah saat hamil?

Sayur merupakan sumber nutrisi, vitamin, dan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Saat hamil, sayur sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan janin.

Sayuran berwarna hijau kaya akan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Sayur kol atau brokoli kaya akan asam folat,yang penting untuk mencegah malformasi (perkembangan abnormal) dari sistem saraf pusat janin. Sayuran mentah juga kaya akan serat, yang dapat membantu pencernaan berjalan lancar.

American Pregnancy Association menyatakan bahwa sayuran mentah aman untuk dikonsumsi wanita hamil. Namun perlu diperhatikan bahwa sayuran mentah perlu dicuci dengan baik sebelum dikonsumsi.

Selain itu, sayuran juga perlu direndam di dalam air hangat yang dicampur garam, untuk membunuh kuman yang mungkin ada.

Perhatikan juga untuk membuang bagian sayur yang nampak rusak, seperti membusuk atau berubah warna, karena bagian-bagian ini menjadi tempat bakteri untuk berkembang biak. Tidak hanya sayur, pisau dan alas yang digunakan untuk memotong sayuran pun perlu dicuci, sebaiknya dengan menggunakan air sabun yang panas.

Lalapan yang tidak dicuci dengan baik kemungkinan masih mengandung Toksoplasma. Parasit ini dapat ditemukan pada kulit buah dan sayuran, juga pada daging mentah atau belum matang sempurna. Infeksi Toksoplasma selama kehamilan dapat menimbulkan toksoplasmosis kongenital, yang menyerang sistem penglihatan dan saraf anak.

Jika telah menyiapkan sayuran sendiri dan yakin bahwa sayuran mentah telah dicuci dengan bersih, maka Anda sebagai ibu hamil tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya. Namun jika tidak yakin dengan kebersihan pengolahan sayuran mentah di restoran, Anda sebaiknya menghindari makan lalapan.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar