Sukses

Makan Kacang Bikin Jerawatan, Mitos atau Fakta?

Banyak orang percaya kalau kacang bikin jerawatan. Cek kebenarannya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Kacang sering disalahkan sebagai biang kerok jerawat. Tak sedikit orang yang jerawatan pun menghindari kacang karena takut jerawat makin parah. Benarkah kacang bikin jerawatan?

Penelitian yang dilakukan American Academy of Dermatology and the Journal of the American Medical Association mengungkapkan, diet tidak bertanggung jawab terhadap jerawat.

Namun, studi lain yang dimuat di Dermato-Endocrinologi menyatakan sebaliknya. Peneliti menemukan, pola makan yang tinggi glikemik, lemak, dan konsumsi susu serta daging memainkan peran penting dalam timbulnya jerawat.

Beberapa ahli juga percaya, kacang justru seharusnya dapat mengurangi jerawat. Asam lemak omega-3 yang tinggi pada kacang memiliki sifat antiradang.

Di satu sisi, kacang sulit dicerna karena tinggi protein dan lemak. Ketika protein dan lemak tersebut tak dicerna dengan baik, sistem kekebalan tubuh akan membuat antibodi. Antibodi tersebut akan meradangkan kelenjar sebasea kulit dan membuat jerawat.

Jerawat juga diyakini dapat muncul akibat alergi kacang. Karena itu, jika mencurigai jerawat Anda timbul karena kacang, sebaiknya hindari 1–2 bulan lalu lihat perubahannya.

Salah satu cara aman yang dapat dicoba untuk mengonsumsi kacang adalah dengan memanggangnya ketimbang memakan mentah. Proses pemanggangan ini dapat menguraikan beberapa protein pada kacang.

Beberapa makanan yang sebaiknya tidak dimakan berlebihan agar terhindar dari jerawat, antara lain susu dan produk olahannya, gula pasir, karbohidrat (roti, kentang, nasi), gorengan, serta cokelat. Alkohol dan soda juga tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak.


Beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin A, E, B3, B6, seng, selenium, dan kromium baik untuk mencegah jerawat. Kacang brazil tinggi akan seng dan selenium. Kacang almon banyak mengandung vitamin E.

Jadi, penelitian-penelitian seputar kacang bikin jerawatan ini masih kontradiktif. Agar tetap aman dari jerawat, hal yang terpenting adalah memilih makanan yang tepat serta menghindari konsumsi makanan pemicu dalam jumlah berlebihan.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar