Sukses

Tradisi Minum Kopi di Berbagai Negara

Setiap negara ternyata mempunyai tradisi unik dan menarik perihal minum kopi. Seperti apa tradisi di negara lain?

Klikdokter.com, Jakarta Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Sumatera, Jawa, dan Sulawesi merupakan beberapa pulau dengan kualitas biji kopi yang sudah tidak diragukan lagi di mata internasional.

Bagi penikmat kopi, melewati hari tanpa diawali secangkir kopi rasanya janggal. Asupan kafein di pagi hari kini telah menjadi rutinitas yang tak bisa dilewatkan, terlebih dengan maraknya berbagai warung kopi yang semakin mudah dijangkau baik usaha lokal maupun franchise internasional.

Kopi susu dan hitam merupakan ciri khas di Indonesia. Bagaimana dengan tradisi minum kopi di negara lain?

  • Kaisemelange – Austria

    Anda pasti sudah akrab dengan minuman tradisional Indonesia, STMJ. Perpaduan susu, telor, madu, dan jahe dipercaya dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Jika Indonesia punya STMJ, lain Austria.

    Kopi kaisemelange, adalah perpaduan kopi hitam dengan kuning telur dan madu. Cara membuatnya adalah kuning telur dan madu terlebih dahulu diaduk, sambil tuangkan kopi hitam perlahan-lahan.

  • Türk Kahvesi – Turki

    Türk kahvesi atau kopi turki, lekat dengan tradisi supranaturalnya. Kopi turki dibuat tanpa menyaring biji kopi-biji kopi direbus dalam teko dan disajikan dengan gula sesuai selera.

    Kepercayaan di Turki mengatakan, sisa biji kopi di dasar teko dapat digunakan untuk meramal nasib atau masa depan.

  • Café Touba – Senegal

    Kopi dari Senegal ini disajikan menggunakan bahan biji kopi arabika. Uniknya biji kopi akan di-infused dengan rempah seperti cengkeh dan biji lada hitam untuk memberikan rasa yang lebih kuat dan aroma harum yang khas.

    Dalam budaya Senegal, kopi touba dianggap sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti gangguan pencernaan, antidepresan, serta membantu meringankan asma.

  • Kaffeost – Finlandia

    Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata keju? Bukan kopi pastinya. Keju biasanya identik dengan makanan penutup seperti kue atau makanan utama seperti pasta. Tapi ternyata hal ini tidak berlaku di Finlandia.

    Kaffeost yang berasal dari sisi utara Finlandia adalah campuran kopi hitam dengan potongan keju di dasar cangkir, menciptakan rasa legit yang dikatakan serupa dengan tiramisu.

Bagi penikmat kopi tak ada salahnya mencoba tradisi minum kopi dari berbagai negara tersebut. Nantinya, Anda bisa menjadikannya sebagai pilihan dalam menambah variasi asupan kafein harian Anda. Selamat mencoba!

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar