Sukses

Kiat Hadapi Bos yang Suka Mem-bully

Kasus perundungan atau bullying dapat terjadi di mana saja termasuk di tempat kerja. Bagaimana menghadapi bos yang suka mem-bully?s

Klikdokter.com, Jakarta Perlu disadari perilaku perundungan (bullying) dapat menyebabkan masalah kesehatan pada korban, seperti kecemasan berlebih, stres, dan lain-lain . Jika Anda menjadi korban bully oleh bos, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah membicarakan hal ini dengan bos Anda.

Jika memungkinkan sampaikan kepada bos bahwa perkataan atau perbuatannya membuat Anda tidak nyaman. Tawarkan kepadanya solusi untuk menjelaskan secara spesifik apa kekurangan atau kesalahan Anda dalam rangka memperbaiki diri dan menjadi lebih produktif.

Hal tersebut berguna untuk mengetahui cara memperbaikinya daripada hanya dicela saja. Atasan juga dapat melihat inisiatif Anda untuk memperbaiki diri.

Jika bullying terus berlanjut, biasakan diri untuk mencatat bukti aktivitas ini. Anda dapat menyimpan email/notes yang berisi bukti.

Jika dilakukan secara verbal, catat dengan rinci tanggal, lokasi, juga kejadian yang terjadi. Jika tidak berhasil menghentikan bullying, Anda dapat melaporkan hal ini kepada bagian HR, tentunya dengan membawa bukti yang valid.

Walaupun bos mem-bully, jangan biarkan hal ini membuat Anda berkecil hati atau kehilangan kepercayaan diri. Lakukan pekerjaan Anda dengan sebaiknya.

Hal lain yang dapat Anda lakukan yakni membangun koneksi yang baik dengan rekan kerja. Orang luar mungkin dapat membantu membela jika bullying terjadi kembali. Jika memungkinkan, dengan koneksi yang baik Anda dapat meminta untuk dipindahkan ke bagian lain.

Jika memang tindakan bullying yang dilakukan bos berlebihan atau membuat Anda stres berat, pertimbangkan dengan baik untuk keluar dari pekerjaan. Bagaimanapun juga, kesehatan dan kebahagiaan Anda merupakan prioritas utama.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar