Sukses

3 Tanda Anak Anda Menjadi Korban Bully

Ketahuilah ciri-ciri anak yang menjadi korban bully di sekolah.

Klikdokter.com, Jakarta Perilaku bully kini kembali menjadi berita di mana-mana. Orang tua pun semakin khawatir dan bertanya-tanya mengenai pergaulan anaknya. Tak sedikit pula yang langsung protektif kepada anaknya, mungkin Anda salah satunya.

Sebenarnya, untuk mengetahui apakah anak Anda merupakan korban bully atau tidak, ada tiga tanda yang dapat diperhatikan. Berikut di antaranya:

  1. Terdapat cedera yang tidak dapat dijelaskan. Misalnya, ada luka memar di wajah, tangan, punggung. Bisa juga mengalami cedera di gigi dan bagian tubuh lainnya.

  2. Sering kehilangan barang atau barang-barang menjadi rusak. Contohnya buku, pakaian, sepatu, barang elektronik, atau aksesori (jam tangan, gelang, dan sebagainya).

  3. Nilai di sekolah menjadi menurun, hilang ketertarikan terhadap pekerjaan sekolah, tidak ingin masuk sekolah, dan biasanya ditandai dengan mulai membuat-buat gejala penyakit (seperti pusing, sakit perut, dan sebagainya).

Dari tanda-tanda tersebut, bisa disimpulkan bahwa perilaku bully memiliki dampak yang signifikan terhadap korbannya. Korban bully biasanya akan menjadi cemas, depresi, mengalami penurunan prestasi akademik, kehilangan rasa percaya diri, dan yang berbahaya adalah mengambil tindakan bunuh diri.

Studi yang dilakukan di Eropa, Asia, dan Amerika menunjukkan bahwa korban bully memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih besar untuk bunuh diri jika dibandingkan dengan anak yang tidak pernah mengalami bully.

Oleh karena itu, peran Anda sebagai orang tua sangatlah penting dalam mengenali ciri-ciri anak korban bully. Mendidik anak untuk memiliki karakter yang baik juga amat penting. Anak dengan integritas baik tentu akan memiliki empati sehingga tidak akan berpikir untuk melakukan bullying terhadap anak-anak lain.

Baca juga di sini 

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar