Sukses

5 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Jika kekurangan protein, maka beberapa bagian tubuh akan bereaksi. Apa tanda-tandanya?

Klikdokter.com, Jakarta Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein berfungsi untuk menyediakan bahan-bahan yang berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh.

Di samping itu, protein bisa menjadi sumber energi jika karbohidrat dan lemak tidak mencukupi. Protein juga dapat membantu proses penyembuhan luka. Bila tubuh kekurangan protein, ada beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh:

  1. Pembengkakan di tungkai bawah

    Protein berperan menahan air di pembuluh darah. Kekurangan protein menyebabkan air keluar dari pembuluh darah, sehingga terjadi pembengkakan berbagai bagian tubuh, terutama tungkai bawah.

  2. Rambut menipis

    Rambut terdiri dari protein keratin. Jika tubuh tidak mendapatkan cukup protein secara konsisten, lama-kelamaan rambut akan rontok. Selama kekurangan protein, laju pertumbuhan rambut akan melambat dan semakin banyak folikel rambut yang memasuki fase istirahat. Rambut yang tersisa akan menjadi lebih pendek dan berkurang jumlahnya.

  3. Kuku

    Protein penting bagi pertumbuhan kuku. Jika tidak mendapatkan protein yang cukup, kuku akan rapuh dan mudah patah.

  4. Sering sakit

    Protein dibutuhkan untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh bergantung pada apa yang kita makan. Sebuah studi yang diterbitkan Progress Food and Nutrition menyimpulkan bahwa kekurangan protein mengakibatkan hilangnya sel T, sel yang berfungsi mengusir kuman. Jika sel ini hilang, maka sistem kekebalan tubuh tidak bisa menangkal bakteri atau virus.

  5. Tidur tidak nyenyak

    Mengonsumsi protein sebelum tidur dapat membantu produksi triptofan dan serotonin. Triptofan dan serotonin berperan dalam membuat tidur lebih nyenyak. Jika tubuh kekurangan protein, kedua zat ini akan terganggu, sehingga tubuh tidak bisa tidur nyenyak di malam hari.

Jadi, demikian tadi beberapa tanda tubuh kekurangan protein. Jika mengalami beberapa tanda tersebut, Anda harus segera mengganti pola makan dengan mengonsumsi protein dan gizi seimbang. Untuk membaca artikel serupa, silakan klik di sini.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar