HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi5 Tanda Tubuh Kekurangan Protein
Diet dan Nutrisi

5 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Gerardus Septian Kalis, 21 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jika kekurangan protein, maka beberapa bagian tubuh akan bereaksi. Apa tanda-tandanya?

5 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein berfungsi untuk menyediakan bahan-bahan yang berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh.

Di samping itu, protein bisa menjadi sumber energi jika karbohidrat dan lemak tidak mencukupi. Protein juga dapat membantu proses penyembuhan luka. Bila tubuh kekurangan protein, ada beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh:

  1. Pembengkakan di tungkai bawahProtein berperan menahan air di pembuluh darah. Kekurangan protein menyebabkan air keluar dari pembuluh darah, sehingga terjadi pembengkakan berbagai bagian tubuh, terutama tungkai bawah.
  2. Rambut menipisRambut terdiri dari protein keratin. Jika tubuh tidak mendapatkan cukup protein secara konsisten, lama-kelamaan rambut akan rontok. Selama kekurangan protein, laju pertumbuhan rambut akan melambat dan semakin banyak folikel rambut yang memasuki fase istirahat. Rambut yang tersisa akan menjadi lebih pendek dan berkurang jumlahnya.
  3. KukuProtein penting bagi pertumbuhan kuku. Jika tidak mendapatkan protein yang cukup, kuku akan rapuh dan mudah patah.
  4. Sering sakitProtein dibutuhkan untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh bergantung pada apa yang kita makan. Sebuah studi yang diterbitkan Progress Food and Nutrition menyimpulkan bahwa kekurangan protein mengakibatkan hilangnya sel T, sel yang berfungsi mengusir kuman. Jika sel ini hilang, maka sistem kekebalan tubuh tidak bisa menangkal bakteri atau virus.
  5. Tidur tidak nyenyakMengonsumsi protein sebelum tidur dapat membantu produksi triptofan dan serotonin. Triptofan dan serotonin berperan dalam membuat tidur lebih nyenyak. Jika tubuh kekurangan protein, kedua zat ini akan terganggu, sehingga tubuh tidak bisa tidur nyenyak di malam hari.

Jadi, demikian tadi beberapa tanda tubuh kekurangan protein. Jika mengalami beberapa tanda tersebut, Anda harus segera mengganti pola makan dengan mengonsumsi protein dan gizi seimbang.

[BA/ RVS]

proteinProtein Bagi TubuhKekurangan Protein

Konsultasi Dokter Terkait