Sukses

Vegetarian Pasti Bebas Kolesterol?

Kebanyakan orang berpikir bahwa vegetarian pasti bebas kolesterol. Benarkah demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Mungkin Anda berpikir bahwa seorang vegetarian tak mungkin kena kolesterol tinggi. Faktanya tidaklah demikian.

Dalam kesehariannya, vegetarian yang bukan vegan masih mungkin untuk mengonsumsi produk hewani yang mengandung lemak jenuh. Jenis lemak ‘jahat’ ini banyak terkandung dalam susu, kuning telur, keju, dan sebagainya.

Perlu Anda ingat, kelebihan lemak jenuh dan karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, kentang, kue-kue manis, dan lain-lain, juga dapat memicu peningkatan kadar kolesterol.

Asupan lemak jenuh tidak hanya bisa diperoleh dari sumber hewani. Banyak pula sumber nabati yang mengandung lemak jenuh, seperti minyak kelapa sawit dan santan. Asupan lemak yang tinggi ini juga dapat diubah menjadi kolesterol dalam tubuh. Itu sebabnya vegetarian belum tentu bebas dari kolesterol.

Di samping itu, peningkatan kadar kolesterol tak hanya dipicu oleh faktor eksternal seperti makanan. Beberapa faktor lain seperti jenis kelamin, usia, faktor keturunan, merokok, diabetes, dan obesitas juga dapat mencetuskan kolesterol tinggi.

Jadi, meski Anda seorang vegetarian, tetaplah memperhatikan gaya hidup untuk menghindari kolesterol tinggi. Langkah-langkahnya mudah. Batasi asupan karbohidrat dan lemak jenuh, berolahraga secara teratur, serta hindari rokok dan alkohol.

Jadi, vegetarian belum tentu bebas kolesterol. Berbagai hal juga perlu diperhatikan oleh para vegetarian untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar