Sukses

Manfaat Adanya Fasilitas Olahraga di Kantor

Sisihkan waktu untuk berolahraga di manapun Anda berada, termasuk kantor. Apa sih gunanya fasilitas olahraga di tempat kerja?

Beban kerja di era metropolitan semakin besar. Waktu untuk berolahraga pun jadi kian berkurang. Namun, menyediakan fasilitas olahraga di kantor dapat menjadi salah satu solusi.

Dari menyediakan alat olahraga di kantor seperti treadmill hingga mengadakan kelas yoga setiap minggunya, olahraga di tempat kerja bukanlah hal baru. Mungkin kantor Anda juga salah satu yang memiliki fasilitas olahraga. Ini tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga produktivitas dan mood para pekerja.

1 dari 3 halaman

Manfaat Adanya Fasilitas Olahraga di Kantor

Menurut artikel yang dilansir dari BBC.com, banyak orang sulit mencari waktu untuk berolahraga di sela-sela komitmen pekerjaan dan kehidupan sosial. Karena itu, banyak perusahaan yang mengadakan aktivitas olahraga di sore hari untuk membantu para pekerja menerapkan pola hidup sehat.

Sebuah penelitian di Bristol University menganalisis tentang manfaat adanya fasilitas olahraga di kantor. Para pengkaji membandingkan karyawan yang rutin berolahraga dan yang tidak. Hasilnya, karyawan yang melakukan aktivitas fisik secara rutin cenderung lebih produktif, bahagia, dan efisien.

Berikut adalah beberapa manfaat adanya fasilitas olahraga di kantor:

1. Produktivitas Meningkat

Menyediakan fasilitas olahraga di kantor dinilai akan memengaruhi produktivitas karyawan. Karyawan yang rajin berolahraga cenderung memiliki tujuan yang lebih tanggap dibanding yang tidak.

Pikirannya pun akan lebih terbuka dan akan terlihat lebih fokus. Selain itu, mereka akan lebih cepat dan teliti dalam mengerjakan pekerjaannya dikarenakan pikiran mereka yang lebih segar. Sebab jika Anda rutin berolahraga, darah akan mengalir lancar ke seluruh tubuh dan otak. Karena itu, manfaat olahraga bagi karyawan tak bisa disepelekan.

 Artikel Lainnya: 6 Olahraga yang Cocok untuk Pekerja Kantor

2. Lebih Rileks dalam Bekerja

Kesegaran yang didapat setelah berolahraga tidak hanya membantu karyawan lebih fokus dalam bekerja. Mereka juga akan terlihat lebih santai dan enjoy dalam bekerja, walaupun tuntutan pekerjaan sedang padat dan tinggi.

3. Terlihat Lebih Segar

Kondisi fisik dan mental yang baik juga menentukan raut wajah dan postur seseorang. Seseorang yang segar luar dalam akan memancarkan aura dan mood yang baik, dan hal ini bagus untuk karyawan lainnya karena orang tersebut memancarkan aura positif.

4. Mengurangi Stres

Dengan berolahraga tubuh dan pikiran dapat segar kembali. Jadi, kesegaran berolahraga bukan hanya akan memperbaiki kondisi fisik saja melainkan kondisi mental juga. Orang yang rutin berolahraga akan terlihat dan merasa jauh dari stres daripada yang tidak.

Adanya kegiatan olahraga di kantor dinilai membantu para pekerja untuk meningkatkan konsentrasi dan kemampuan memecahkan masalah. Mereka juga terlihat lebih tenang.

Artikel Lainnya: Tips Mudah untuk Lebih Bahagia dan Produktif di Kantor

2 dari 3 halaman

Fasilitas Olahraga yang Bisa Disediakan di Kantor

Jenis olahraga yang diterapkan pun sangat variatif. Sebagian perusahaan menyediakan fasilitas layaknya mini-gym lengkap, seperti:

  • Set barbell
  • Treadmill
  • Sepeda statis
  • Matras
  • Lantai aerobik

Dengan banyaknya pilihan yang ada, para pekerja dapat memilih olahraga yang sesuai dengan minat dan tujuan yang ingin dicapai. Mereka pun jadi lebih bersemangat untuk berolahraga dan tidak terpaksa.

Selain itu, beberapa strategi juga dapat diterapkan dalam pengadaan olahraga di kantor agar tidak menghambat pekerjaan. Misalnya, dengan mengadakan kegiatan olahraga pada pagi hari sebelum bekerja atau sore hari.

Berolahraga di kantor sudah menjadi tren di banyak perusahaan. Hal ini sangat bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan maupun produktivitas para pekerja. Karena itu, sangat disarankan untuk menyempatkan waktu berolahraga sebelum atau sesudah Anda bekerja.

Apabila ingin tahu mengenai tips olahraga atau bertanya tentang masalah kesehatan, bisa berkonsultasi kepada dokter secara langsung melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar