Diet dan Nutrisi

7 Makanan di Dapur yang Baik untuk Detoks

dr. Karin Wiradarma, 20 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak usah jauh-jauh, ternyata bahan makanan untuk detoks bisa ditemukan dengan mudah di dapur Anda!

7 Makanan di Dapur yang Baik untuk Detoks

Detoks disebutkan dapat membersihkan kotoran berbahaya dari dalam tubuh. Berikut sejumlah bahan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menghasilkan efek detoks:

  1. Alpukat Siapa yang tidak suka alpukat? Buah yang juga sangat cocok untuk dinikmati sebagai jus ini mengandung asam lemak baik yang menyehatkan jantung. Selain itu, alpukat juga mengandung glutation, antioksidan kuat yang baik untuk kesehatan.
  2. Brokoli Sayur hijau yang memiliki bentuk seperti kembang ini mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Brokoli diketahui memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Karena hal tersebut, banyak penelitian yang menggadang-gadang brokoli sebagai makanan untuk menurunkan risiko beberapa jenis kanker.
  3. Teh Hijau Teh hijau yang nikmat untuk diseruput saat udara dingin ini mengandung antioksidan yang lebih tinggi ketimbang teh putih, hitam, dan oolong. Selain kaya akan antioksidan, teh hijau juga bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil Anda.
  4. LemonBuah yang memiliki rasa asam ini nikmat untuk dibuat jus dan diminum dingin saat hari panas. Lemon sangat kaya akan kandungan antioksidan dan juga vitamin C yang dapat menyehatkan tubuh.
  5. Bawang Putih dan Bawang Bombay Pastinya kedua jenis bawang tersebut menjadi penghuni tetap dapur Anda. Bawang putih dan bawang bombay sangat umum digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan Indonesia. Siapa sangka, kedua jenis bawang tersebut mengandung tinggi flavonoid yang merangsang terbentuknya glutation, antioksidan terkuat yang juga diproduksi oleh liver. Selain itu, kedua bawang tersebut juga memiliki efek antibakteri dan kemampuan meningkatkan kekebalan tubuh kita.
  6. Yogurt Yogurt mengandung probiotik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda. Selain itu, yogurt juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  7. Nanas Buah kuning yang satu ini sangat segar untuk dikonsumsi sendiri, atau sebagai bahan tambahan berbagai makanan lainnya. Selain manis dan nikmat, nanas juga memiliki enzim bromelian, sebuah enzim kuat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan Anda. Enzim bromelian diketahui dapat mencerna lemak dan mengurangi peradangan. Selain into, nanas juga diketahui bermanfaat untuk meredakan gejala pra-menstruasi, lho!

Tubuh sehat terbebas dari racun ternyata sangat mudah Anda dapatkan, hanya dengan mengonsumsi beberapa makanan di atas. Nah, konsumsilah secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

[DA/ RVS]

Detoksmakanan

Konsultasi Dokter Terkait