Sukses

Mantan Pacar Awkarin Meninggal, Diduga Karena Sianida

Mantan pacar Awkarin meninggal diduga karena sianida. Sebenarnya apa efek sianida pada tubuh?

Klikdokter.com, Jakarta Mantan pacar selebgram Awkarin atau Karin Novilda, Oka Mahendra Putra, meninggal dunia. Informasi ini telah dikonfirmasi oleh Awkarin melalui keterangan foto di akun Instagram miliknya.

Terkait peristiwa ini, banyak kabar beredar bahwa Oka meninggal akibat bunuh diri. Sementara kabar yang lain menduga, CEO Takis Entertainment ini meninggal akibat sianida.

Bila bicara tentang sianida, sebenarnya apa yang terjadi pada tubuh bila terkena senyawa kimia ini?

Seperti dikutip dari ny.gov, situs resmi milik New York City, dalam dosis besar, sianida mencegah sel tubuh menggunakan oksigen, sehingga menyebabkan sel mati. Jantung, sistem pernapasan, dan sistem saraf pusat merupakan organ yang paling rentan terhadap keracunan sianida.

Efek sianida ini dapat dimulai dalam hitungan detik sampai beberapa menit. Tanda dan gejala yang muncul adalah, sakit kepala, mual, kesulitan bernafas, dan kejang. Tingkat keparahan ini berbeda-beda, bergantung pada dosis dan bentuk sianida.

Sementara itu, tidak hanya menimbulkan dampak buruk pada tubuh, sianida ternyata juga terdapat di dalam makanan sehari-hari, tetapi dalam jumlah yang sangat rendah. Misalnya, kacang almond, biji jeruk, biji apel, ubi kayu, rebung, dan tapioka. Selain itu, sianida juga terdapat di dalam asap kendaraan, asap rokok, beberapa jenis alga, bakteri, dan jamur.

Orang yang mengalami tanda dan gejala serius terpapar sianida memerlukan perawatan di rumah sakit dengan segera, terutama mereka yang telah pingsan. Keterlambatan penanganan bisa berakibat pada kematian.

Kasus tewasnya mantan pacar Awkarin karena sianida menambah panjang kasus kematian akibat tindakan bunuh diri dengan cairan tersebut.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar