Sukses

Cara Mengatasi Milia, Bentol yang Mirip Jerawat

Milia, atau bentol yang mirip jerawat, bisa sangat mengganggu penampilan Anda. Tidak perlu khawatir, ini cara mengatasinya.

Bintik di wajah tentu mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Apalagi bila bintik tersebut cukup banyak jumlahnya. 

Banyak orang mengira setiap bintik di wajah sudah pasti adalah jerawat. Padahal, bisa jadi masalah tersebut disebabkan oleh kondisi yang lain, salah satunya milia. Apa itu jerawat milia?

Milia atau kista milium merupakan bintik putih yang muncul di  daerah hidung, mata, dahi, kelopak mata, pipi dan dada. Ada beberapa jenis milia, yaitu:

  • Milia primer, biasanya terjadi pada bayi baru lahir.
  • Milia sekunder, timbul setelah ada cedera di kulit. Misalnya setelah terbakar sinar matahari, dermabrasi, atau lepuh.
  • Milia en plaque, merupakan jenis yang jarang dan ditandai dengan adanya lesi seperti plak di daerah sekitar telinga.
  • Milia multiple eruptif, yang ditandai dengan timbulnya milia secara mendadak

Artikel Lainnya: Ruam, Bentol dan Benjol, Apa Bedanya?

1 dari 3 halaman

Penyebab Milia pada Bayi, Anak, Hingga Orang Dewasa

Milia dapat terjadi karena berbagai sebab yang berbeda pada setiap kelompok usia. Penyebab milia pada bayi masih belum diketahui dengan jelas. Berbeda dengan jerawat pada bayi (acne neonatorum), milia pada bayi tidak memicu peradangan atau bengkak. 

Pada anak dan orang dewasa, penyebab milia umumnya berhubungan dengan kerusakan atau masalah pada kulit lainnya, seperti: 

  • Lepuh, misalnya pada penyakit epidermolisis bulosa dan pemfigoid 
  • Luka bakar 
  • Kerusakan akibat sinar matahari 
  • Penggunaan krim steroid jangka panjang 
  • Pasca tindakan tertentu pada kulit, seperti dermabrasi atau laser

Selain itu, proses penuaan juga dapat menyebabkan milia. Proses penuaan membuat kulit kehilangan kemampuan untuk mengelupas (eksfoliasi), sehingga keratin akan menetap, membentuk kista, dan menjadi milia.

Sekali lagi, milia bisa menyerang berbagai usia. Apalagi milia primer, biasanya umum terjadi pada bayi yang baru lahir sehingga banyak orang tua yang menganggap kondisi ini normal adanya. 

Baiknya jika milia mulai muncul pada wajah, segeralah cari cara untuk mengatasi milia tersebut. Sehingga milia tidak akan menyebar dan mengganggu wajah Anda. 

Artikel Lainnya: Awas, Bentol Kecil Bisa Jadi Gejala Kanker Sarkoma Ewing

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Milia

Untuk milia pada bayi, tidak ada cara mengatasi milia yang khusus. Kista milia akan membaik dalam beberapa minggu. Sementara, pada anak dan orang dewasa, milia akan menghilang dalam beberapa bulan tanpa pengobatan tertentu.

Akan tetapi, jika bintik ini menimbulkan ketidaknyamanan pada Anda, ada berbagai cara menghilangkan milia yang dapat dilakukan, seperti:

  1. Krioterapi 

Terapi ini menggunakan nitrogen cair untuk membekukan milia. Cara ini merupakan metode tersering untuk menghilangkan milia. 

  1. Insisi (Deroofing)

Pada teknik ini, isi kista milia akan dikeluarkan menggunakan jarum steril sampai bersih.

  1. Krim Retinoid

Retinoid merupakan bahan yang dapat membantu eksfoliasi atau mengelupas sel kulit mati. Dengan demikian, diharapkan milia dapat menghilang. 

  1. Peeling Kimia (Chemical Peels)

Melalui teknik ini, lapisan teratas dari kulit akan berganti dengan lapisan sel kulit baru, sehingga milia akan dapat menghilang. 

Artikel Lainnya: Bentol-Bentol Merah Saat Hamil

  1. Laser

Cara mengatasi milia yang selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik laser. Pada teknik laser ini digunakan untuk fokus pada satu area kista.

  1. Diatermi

Prosedur ini menggunakan suhu yang panas untuk menghilangkan milia. Harus digarisbawahi kalau Anda harus berhati-hati dalam menggunakan metode ini. 

  1. Kuretase

Kuretase termasuk dalam tindakan pembedahan kulit untuk mengeluarkan dan menghilangkan, sehingga banyak digunakan sebagai cara mengatasi milia. 

  1. Bahan Alami

Langkah lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi milia adalah dengan bahan-bahan alami yang tentu saja aman untuk kesehatan kulit. Seperti lemon, madu, gula pasir, air mawar, kentang, dan masih banyak lagi. 

Jadi, bintik putih di wajah belum tentu disebabkan oleh jerawat. Bisa jadi keluhan tersebut merupakan milia. 

Jika Anda mengalaminya dan merasa terganggu atau kurang percaya diri, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter akan membantu Anda menganalisis penyebab milia dan melakukan tindakan yang sesuai untuk mengatasinya. 

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar