Sukses

Cara Mengatasi Milia, Bentol yang Mirip Jerawat

Milia, atau bentol yang mirip jerawat, bisa sangat menganggu penampilan Anda. Tidak perlu khawatir, ini cara mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Milia atau kista milium merupakan bintik-bintik putih yang biasa muncul di daerah hidung, mata, dahi, kelopak mata, pipi dan dada. Karena penampilannya yang demikian, keluhan ini sering dianggap sebagai bentol yang mirip jerawat.

Milia dapat terjadi pada siapa saja. Tapi, bayi baru lahir menjadi golongan usia yang paling sering mengalami keluhan ini.

Milia muncul karena keratin--protein yang ditemukan di jaringan kulit, rambut dan sel kuku--terperangkap di dalam kelenjar pilosebasea pada lapisan kulit dermin. Untuk anak-anak atau orang dewasa, kondisi ini dihubungkan dengan kerusakan kulit akibat terpapar sinar matahari, luka bakar, penggunaan jangka panjang krim steroid, atau terapi laser.

Pada umumnya, milia pada bayi dapat sembuh dalam beberapa minggu. Namun pada anak-anak dan orang dewasa, kondisi ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk sembuh. Terapi yang efektif menghilangkan milia, di antaranya:

  • Menggunakan jarum steril untuk mengeluarkan isinya,
  • Mengonsumsi obat-obatan yang mengandung vitamin A,
  • Terapi laser,
  • Terapi suhu dingin (cryotherapy),
  • Penggunaan retinol,
  • Konsumsi suplemen niacin (vitamin B3).

Jika milia tidak kunjung hilang, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Karena keluhan berbentuk bentol mirip jerawat ini bisa sangat menganggu penampilan. Baca artikel sejenis di sini

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar