Sukses

Fakta Menarik tentang Bau Badan

Meski sering terjadi, tidak sedikit yang masih belum paham fakta penting tentang bau badan dan cara mengatasinya. Anda salah satunya?

Klikdokter.com, Jakarta Percaya atau tidak, bau badan telah menjadi momok bagi sebagian besar orang. Faktanya, urusan yang satu ini tak hanya menganggu kenyamanan orang di sekitarnya tapi juga bisa mengurangi rasa percaya diri penderitanya.

Bau badan disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Pada beberapa orang yang memiliki kandungan lemak lebih banyak, keringat yang keluar akan memiliki bau lebih menyengat dibandingkan biasanya.

Faktor Penyebab Bau Badan

Beberapa hal yang berperan pada kejadian bau badan adalah sebagai berikut:

  • ‪Banyaknya daerah-daerah lembap pada tubuh

    Keringat yang keluar di daerah lembap lebih sulit kering, sehingga akan terbendung dan menyebabkan bau badan‬. Beberapa daerah lembap di tubuh, antara lain ketiak, lipatan paha, lipat payudara, atau perut yang posisinya tersembunyi.

  • Iklim yang lembap

    Semakin lembap iklim, keringat semakin sulit untuk kering. Hal ini menyebabkan bakteri semakin mudah mengolah keringat hingga mengeluarkan bau tidak sedap.

  • Aktivitas berlebih

    Segudang aktivitas, khususnya yang dilakukan di luar rumah, membuat Anda mudah berkeringat. Jika keringat ini tidak dikeringkan dengan baik dan benar, bukan tidak mungkin bau badan akan muncul kemudian.

  • Makanan dan minuman

    Brokoli, kol, kubis, bawang, dan minuman beralkohol adalah beberapa contoh makanan dan minuman yang dapat menyebabkan bau badan.

  • Genetik

    Salah satu kondisi genetik yang dapat menyebabkan bau badan adalah hiperhidrosis. Kondisi ini membuat seseorang mengeluarkan keringat berlebih, sehingga berisiko tinggi untuk memiliki bau badan tidak sedap.

  • Obat-obatan yang dikonsumsi

    Beberapa jenis obat-obatan anti-depresan bisa meningkatkan produksi keringat. Ini berarti obat-obatan tersebut secara tidak langsung beperan pada terjadinya bau badan.

Mengatasi Bau Badan

Untuk mencegah bau badan, Anda sebaiknya mandi setidaknya dua kali sehari. Saat mandi, pastikan Anda membersihkan bagian lipatan tubuh seperti ketiak, lipat paha, lipat perut, lipat payudara dan lainnya.

Selain itu, Anda pun sebaiknya menggunakan baju yang longgar dan mudah menyerap keringat, deodoran yang mengandung anti-perspirant, dan menjaga berat badan tetap pada porsinya.

Jika setelah melakukan tindakan pencegahan bau badan masih saja terjadi, jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter. Faktanya, bau badan juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar