Jantung

Air Putih Mampu Atasi Kolesterol Tinggi

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, 18 Jul 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kolesterol tinggi berbahaya jika tidak diatasi segera, cara mengatasi kolesterol tinggi yang sederhana dapat mengkonsumsi air putih saja, apakah hal tersebut benar? Berikut fakta medisnya:

Air Putih Mampu Atasi Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi menjadi ancaman bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2013 menguak fakta bahwa lebih dari 70% penduduk dewasa di Indonesia memiliki kolesterol tinggi. Andakah salah satunya?

Ada banyak cara untuk menurunkan kolesterol, mulai dari berbagai macam diet, olahraga, serta mengonsumsi obat penurun kolesterol. Namun, ternyata tak hanya itu. Hal sederhana seperti minum air putih pun terbukti berpengaruh dalam menurunkan kolesterol.

Sebenarnya air putih tak secara langsung berdampak menurunkan kolesterol. Studi yang dilakukan oleh University of Birmingham, Inggris, menemukan bahwa orang yang minum air putih sebelum makan terbukti lebih sedikit porsi makannya dan cenderung tidak memilih makanan yang tinggi kolesterolnya.

Artinya, minum air putih sebelum makan mampu mengubah perilaku makan seseorang menjadi lebih menyehatkan. Hal ini secara jangka panjang mampu menurunkan kolesterol.

Artikel Lainnya: Obat Penurun Kolesterol

Minum Air Putih Sebelum Makan

Lalu, berapa banyak air putih yang perlu dikonsumsi? Berdasarkan penelitian tersebut, dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 500 ml air putih satu jam sebelum makan.

Namun, tentu saja Anda tak dapat hanya mengandalkan minum air putih untuk menurunkan kolesterol. Mengonsumsi makanan tinggi serat setiap hari, makan ikan setidaknya dua kali seminggu, serta berolahraga minimal empat kali seminggu juga tetap harus dilakukan.

Anda tertarik untuk mencoba? Yuk, biasakan minum air putih sebelum makan agar kolesterol tinggi dapat dicegah dan diatasi.

[RS/ RVS]

Air PutihKolesterolKolesterol Tinggi

Konsultasi Dokter Terkait