Sukses

Usir Kantuk Tanpa Kopi

Ketika lelah dan kantuk menyerang, tentu kopi selalu menjadi pilihan. Namun, jika dikonsumsi berlebihan malah bisa merugikan kesehatan Anda. Simak cara menghilangkan kantuk tanpa kopi berikut ini.

Rasa kantuk biasa dihadapi oleh manusia setiap saat. Bagi sebagian orang, rasa kantuk adalah sesuatu yang tidak diharapkan karena menurunkan produktivitasnya dalam bekerja. Ketika mengantuk, kopi sering dijadikan jalan keluarnya. Mungkinkah untuk menghilangkan ngantuk tanpa kopi?

Jawabannya, tentu bisa! Anda dapat melakukan serangkaian langkah untuk mencegah kantuk di tengah kesibukan, tanpa perlu mencari segelas kopi. Dengan begitu, Anda tidak perlu sering-sering mengonsumsi kopi dan bisa terhindar dari efek sampingnya.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan ngantuk tanpa kopi? Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut.

1 dari 3 halaman

Bahaya Kebanyakan Minum Kopi

Hati-hati, bahaya kecanduan kopi itu nyata! Apakah Anda termasuk orang-orang yang rutin membeli jajanan kopi sehari-hari? Waspadai risiko kesehatan berikut ini ketika mengonsumsi kopi secara berlebihan:

  • Sering sakit kepala
  • Insomnia
  • Sering merasa cemas
  • Mudah tersinggung
  • Sering berkemih atau tidak mampu mengontrol proses berkemih
  • Detak jantung cepat atau sering berdebar-debar
  • Tremor (gemetar) otot

Gejala-gejala di atas bisa timbul secara bervariasi pada setiap orang. Pada orang-orang yang sensitif, gejala tersebut bisa muncul dengan sangat mudah.

Seberapa banyak takaran kopi yang disebut ‘berlebihan’? Faktanya, belum ada konsensus yang menyatakan kadar asupan kopi yang aman untuk manusia.

Secara umum, konsumsi kafein sebanyak 400 miligram per hari masih terbilang aman bagi manusia (kira-kira sama dengan empat cangkir kopi). Maka, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi lebih dari empat cangkir kopi dalam sehari.

Artikel lainnya: Suka Minum Kopi? Ini Tips Cara Minum Kopi yang Lebih Sehat

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Kantuk Tanpa Kopi

Sekalipun Anda mengonsumsi kopi pada siang hari, hal ini tetap dapat mengganggu siklus tidur Anda di malam hari. Sedikit saja konsumsi kopi, dapat menyebabkan kekurangan tidur sehingga mengganggu performa dan kesadaran Anda di siang hari.

Maka, jangan terjebak menggunakan kopi sebagai penolong untuk ‘membangunkan’ Anda. Nyatanya, membiasakan serangkaian langkah hidup sehat adalah cara mengatasi ngantuk tanpa kopi yang terbaik!

Bagi Anda yang sering merasakan ngantuk di siang hari, bisa jadi penyebabnya ada pada rutinitas harian Anda. Menjalankan rutinitas hidup yang sehat dapat menjadi kunci untuk menghilangkan ngantuk tanpa kopi. Rutinitas sehat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Awali Hari dengan Sarapan yang Tepat

Mengonsumsi sarapan yang salah berkaitan dengan munculnya kantuk di siang hari. Ketika Anda memilih sarapan dengan makanan yang tinggi karbohidrat sederhana, gula darah Anda akan turun dengan cepat dan menimbulkan rasa ngantuk. Contoh karbohidrat sederhana misalnya bubur, roti tawar biasa, minuman manis, dan lain-lain.

Pilihlah sarapan dari jenis makanan mengandung karbohidrat kompleks, misalnya nasi merah, roti gandum, buah-buahan dan sayur. Penyerapan zat gizinya yang berlangsung perlahan-lahan akan menjaga energi Anda.

2. Membiasakan Tidur dengan Cukup

Terdengar klasik, namun justru inilah cara terbaik mencegah munculnya kantuk di siang hari.

Bila Anda memiliki jam tidur yang cukup (sekitar delapan jam sehari) dan teratur, otomatis Anda tidak akan merasakan kantuk di siang hari bolong. Hal ini logis, karena tubuh Anda sudah memperoleh istirahat cukup malam sebelumnya.

3. Rutin Berolahraga

Rutinitas sehat yang satu ini tidak boleh ditinggalkan dalam upaya mencegah timbulnya kantuk di siang hari. Ketika tubuh rajin berolahraga, pemakaian oksigen dalam tubuh menjadi lebih efektif dan optimal. Untuk itu, fisik akan lebih bugar dalam menghadapi beragam aktivitas.

Maka, jangan lupa untuk rutin berolahraga kira-kira 3-5 kali per minggu, selama minimal 30 menit. Banyak pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan, contohnya yaitu olahraga aerobik (bersepeda, lari, dan renang).

Artikel lainnya: Berapa Lama Kopi Bisa Menahan Kantuk?

4. Rutin Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Paparan sinar matahari dikatakan memiliki peran dalam siklus bangun dan tidur manusia, selain untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat dikaitkan dengan masalah tidur, terutama kantuk di siang hari.

5. Bawa Tubuh Bergerak Sejenak Ketika Kantuk Menyerang

Bagaimana bila kantuk keburu menyerang di tengah kesibukan? Studi menyebutkan bahwa melakukan jalan kaki selama 10 menit dapat ‘membangunkan’ diri Anda kembali.

Jalan kaki 10 menit dikatakan dapat meningkatkan semangat yang berkurang akibat terlalu lama berfokus dengan pekerjaan. Untuk itu, mengambil rehat dengan sejenak berkeliling area kantor bisa menjadi penolong Anda menghilangkan ngantuk tanpa kopi.

6. Minum Air Putih

Tahukah Anda bahwa kelelahan bisa menjadi salah satu tanda dehidrasi? Fungsi sel-sel tubuh akan terganggu ketika asupan cairan Anda tidak cukup. Untuk itu, cukupilah konsumsi air putih Anda setiap harinya.

7. Alihkan Pandangan Sejenak dari Layar

Terlalu lama memandang layar komputer dapat menyebabkan ketegangan otot mata, dan berakhir pada kondisi astenopia (mata lelah). Hal ini terjadi karena otot mata terus menerus berkontraksi demi melihat arah dekat. Kelelahan otot mata dapat memperberat rasa kantuk yang Anda alami.

Cara untuk menghindarinya adalah dengan mengalihkan sejenak pandangan Anda ketika merasa lelah dan penglihatan mulai kurang nyaman. Alihkan pandangan untuk melihat benda-benda atau suasana yang terletak relatif lebih jauh.

Artikel lainnya: Berhenti Minum Kopi, Ini yang Akan Anda Alami

8. Melakukan Sedikit Peregangan di Kursi Kerja Anda

Gerak tubuh adalah cara efektif untuk mengusir rasa kantuk Anda. Anda dapat melakukan cara alternatif menghilangkan ngantuk tanpa kopi berikutnya yaitu dengan sedikit ‘senam’ di atas kursi kerja Anda.

Peregangan tubuh sejenak dapat menstimulasi peningkatan denyut jantung dan berpotensi menghilangkan ngantuk walaupun tanpa kopi.

9. Konsumsi Camilan Sehat untuk Mengembalikan Energi

Faktanya, ketika kadar gula darah menurun (hipoglikemia), Anda bisa merasakan gejala lemas, lelah, mengantuk, hingga nyeri kepala. Maka, siapa tahu rasa kantuk yang menyerang Anda bersumber dari menurunnya kadar glukosa dalam darah.

Untuk itu, Anda bisa mengakalinya dengan rehat sejak sambil mengonsumsi camilan ringan dan sehat. Jangan lupa, camilan yang mengandung serat akan lebih baik untuk Anda. Buah, sayur dan snack bar bisa menjadi andalan Anda.

10. Bernapas dengan Dalam

Mengambil napas dalam diyakini dapat meningkatkan kadar oksigen yang didistribusikan ke seluruh tubuh. Dengan meningkatkan fungsi sirkulasi tubuh, bernapas dalam diyakini dapat meningkatkan level energi Anda.

Selain berpotensi mampu menghilangkan ngantuk, mengambil sepuluh napas dalam berturut-turut disebutkan dapat menurunkan rasa stres dan kecemasan.

Demikianlah sepuluh cara menghilangkan ngantuk tanpa kopi yang bisa Anda andalkan setiap hari. Dengan begitu, Anda terhindar dari kecanduan kopi dan berbagai gangguan kesehatan akibatnya. Terakhir, jangan sampai rasa kantuk mengalahkan impian Anda untuk menjadi produktif. Selamat bekerja!

Ingin tahu lebih lanjut mengenai cara usir kantuk tanpa kecanduan kopi? Tanyakan langsung kepada dokter-dokter kami melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar