Sukses

Tak Diduga, Ini Manfaat Sehat Menjadi Seorang Introvert

Memiliki kepribadian introvert ternyata membawa sederet manfaat kesehatan. Apa saja kelebihan introvert?

Tiap-tiap orang memiliki kepribadian yang berbeda. Tipe kepribadian yang paling dikenal adalah introvert dan ekstrovert. Seorang yang introvert cenderung menghabiskan waktu sendiri dan tidak terlalu banyak bergaul. 

Bila Anda seorang introvert, tidak perlu khawatir. Kepribadian yang identik dengan kebiasaan menyendiri ini ternyata berhubungan erat dengan manfaat kesehatan tertentu. Inilah sederet kelebihan introvert untuk kesehatan:

1 dari 4 halaman

1. Terhindar dari Obesitas

Alih-alih menghabiskan waktu berjam-jam di sebuah restoran bersama teman, seorang introvert merasa dunianya lebih baik dinikmati dalam sebuah kamar tertutup. Kebiasaan ini yang akhirnya menyelamatkannya dari risiko kelebihan berat badan alias obesitas.

Oleh karena itu, risiko obesitas yang kecil dapat menjadi kelebihan seorang introvert karena mereka menjadi lebih terjaga kesehatannya.

Artikel Lainnya: Orang Introvert Rentan Terkena Depresi, Bagaimana Faktanya?

2. Tidur Malam yang Berkualitas

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Journal Sleep menyebutkan bahwa seorang introvert cenderung memiliki waktu tidur malam yang lebih panjang. Ini dapat menjadi kelebihan intorvert karena ia mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Hal itu berbanding terbalik dengan seorang ekstrovert. Sebab orang dengan kepribadian ekstrovert cenderung memiliki aktivitas sosial yang lebih padat sehingga memiliki waktu tidur yang lebih sedikit. 

3. Berpikir Lebih Dalam

Salah satu kelebihan introvert adalah kemampuannya dalam berpikir. Sebuah studi menunjukkan bahwa seorang introvert merupakan orang yang biasanya memiliki kemampuan berpikir lebih tajam dan dalam.

Karena itu, seorang introvert memiliki lebih banyak aktivitas di daerah otak yang memproses informasi, membuat makna, dan pemecahan masalah. Orang introvert juga cenderung lebih baik dalam bidang akademik dibandingkan ekstrovert.

Artikel Lainnya: Benarkah Kepribadian Pengaruhi Kualitas Tidur?

2 dari 4 halaman

4. Menurunkan Risiko Kecelakaan

Kelebihan introvert lainnya adalah cenderung berpikir dahulu sebelum berbicara atau bertindak. Dengan begitu, orang yang introver dapat menurunkan risiko mengalami kecelakaan.

Berpikir sebelum bertindak merupakan kepribadian introvert karena mereka cenderung tidak melakukan tindakan impulsif yang dapat mencelakakan diri sendiri. Contohnya terlibat dalam perkelahian, atau kecelakaan lalu lintas.

5. Cenderung Tidak Merokok

Tidak memiliki kebiasaan merokok termasuk kelebihan seorang introvert. Mengapa bisa? Ini artinya introver memiliki risiko mengalami kanker paru, stroke, dan penyakit jantung yang lebih rendah dibanding ekstrover.

Sebuah penelitian terhadap 2753 orang menunjukkan ekstrovert lebih cenderung merokok akibat pergaulan dibandingkan introvert. Selain itu, introvert juga lebih mudah untuk berhenti merokok dibanding ekstrovert.

Artikel Lainnya: Tidak Bisa Mengontrol Emosi, Apakah Ada Gangguan Kepribadian?

6. Menurunkan Risiko Terjangkit Penyakit Menular Seksual

Seorang ekstrovert cenderung lebih banyak melakukan hubungan seksual dibandingkan introvert. Selain itu ekstrovert juga cenderung memiliki pasangan yang lebih banyak sehingga meningkatkan kemungkinan terkena penyakit menular seksual (PMS).

Hal tersebut berbanding terbalik dengan seorang introvert. Manfaat seorang introvert menjadi tidak mudah yang terjangkit AIDS dan PMS lainnya. Mereka biasanya terjangkit akibat donor darah atau tertusuk jarum saat bekerja, bukan karena hubungan seksual.

3 dari 4 halaman

7. Memiliki Ide yang Tidak Terduga

Selain berpikir lebih dalam, seorang introvert juga umumnya bisa memunculkan ide out of the box. Keuntungan kepribadian introvert ini dapat memberikan banyak kontribusi terhadap kariernya karena seorang introvert dapat menjadi tempat ide-ide inovatif.

8. Penuh dengan Kreativitas

Manfaat introvert yang lainnya adalah kreativitas tinggi. Introvert cenderung tidak terpengaruh dengan apa yang dikerjakan orang lain sehingga dapat lebih terbuka terhadap hal baru.

Introvert juga lebih kreatif karena mereka banyak menghabiskan waktu menyendiri yang merupakan salah satu kunci munculnya kreativitas.

Bagaimana? Sudah tahu kan apa saja kelebihan introvert? Seorang yang introvert bukan berarti pemalu dan tidak mau bergaul, hanya saja cara mereka menghabiskan waktu berbeda dengan kepribadian ekstrovert. Tiap-tiap kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan semuanya saling melengkapi.

Informasi menarik lainnya seputar dunia kesehatan bisa Anda peroleh hanya di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam. Unduh aplikasinya sekarang juga!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar