HomePsikologiKesehatan MentalDampak Positif Melepaskan Diri dari Candu Media Sosial
Kesehatan Mental

Dampak Positif Melepaskan Diri dari Candu Media Sosial

Kartika Tarigan, 17 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Melepaskan diri dari candu media sosial punya banyak dampak positif. Apa saja?

Dampak Positif Melepaskan Diri dari Candu Media Sosial

Candu media sosial (medsos) semakin sulit dibendung dari kehidupan sehari-hari. Manusia semakin tak terpisahkan dengan kebiasaan mengunggah segala hal di medsos. Disadari atau tidak, kecanduan medsos memiliki sejumlah efek bagi penggunanya. Lalu, adakah dampak positif melepaskan diri dari candu medsos?

Dikutip dari bintang.com, melepaskan diri dari candu medsos memiliki banyak manfaat positif. Jika Anda terbiasa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyelami medsos, di bawah ini sejumlah hal yang bisa Anda dapatkan saat istirahat dari medsos.

  1. Lebih ProduktifBerhenti menyelami medsos artinya Anda memiliki lebih banyak waktu dari biasanya. Waktu yang biasa digunakan untuk bermain medsos bisa Anda isi dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat.Anda bisa memakai waktu tersebut untuk membaca buku, membersihkan rumah, atau bahkan memeriksakan kondisi kesehatan. Jika biasanya Anda cukup sibuk untuk sekadar memeriksa kesehatan kulit, dengan berhenti main medsos Anda jadi punya waktu untuk memilih sabun mandi atau losion yang lebih cocok untuk kulit.
  2. Cukup TidurBerhenti main medsos berarti berhenti terlambat tidur. Tak jarang saat tengah asyik menyelami medsos, Anda tak sadar telah melewatkan jam tidur. Akhirnya, jam tidur berkurang dan Anda akan bangun pagi dengan perasaan tak rela meninggalkan kasur dan bantal. Kurang tidur juga dapat membuat Anda tidak produktif.Dilansir dari health.com, tidur yang cukup juga dapat meningkatkan memori otak Anda. Sebab, saat Anda sibuk bermain medsos hingga tengah malam, otak akan terus sibuk bekerja; sementara saat Anda tertidur, terjadi proses yang dapat membuat otak lebih baik dan lebih siap menerima hal baru.
  3. Waktu yang Berkualitas dengan KeluargaKecanduan bermain medsos membuat Anda lebih suka mengurung diri di kamar dan menikmati sendiri dunia medsos. Tanpa sadar Anda telah kehilangan waktu bersama keluarga.Dengan berhenti bermain medsos, Anda akan memiliki lebih banyak waktu bercengkerama dengan keluarga. Saling memberi perhatian dan dukungan pada anggota keluarga. Menumbuhkan kembali keharmonisan keluarga yang selama ini terlupakan saat Anda terlalu sibuk membangun “keluarga” di dunia maya.
  4. Membuat Hidup Lebih SeimbangSegala sesuatu yang berlebihan tidak pernah bagus. Melepaskan diri dari candu medsos bisa membantu Anda untuk menjalani hidup yang lebih seimbang. Pasalnya, semakin banyak mengunggah sesuatu di medsos, Anda akan semakin menyukai dan menunggu respons dari orang-orang dan akhirnya kembali menghabiskan waktu di medsos.Anda bisa saja akhirnya akan melupakan kehidupan nyata karena waktu terlalu tersita untuk bermain medsos. Melepaskan diri Anda dari candu medsos akan mengajarkan bahwa kehidupan yang paling memuaskan bukanlah kehidupan yang terlalu “dibagi” seperti di medsos.

Meski demikian, Anda tak perlu terlalu memaksakan diri untuk benar-benar berhenti bermain medsos. Lakukan secara perlahan dengan membatasi diri Anda dengan mengucapkan “Sudah cukup medsos-nya untuk hari ini!”.

[RS/ RVS]

Media SosialMedsosdampak positifCandu Media Sosial

Konsultasi Dokter Terkait