Sukses

Ramuan Kopi untuk Hilangkan Selulit

Kopi punya banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan katanya, kopi bisa membantu menghilangkan selulit!

Terkadang selulit pada tubuh dapat membuat kita tidak percaya diri. Tak sedikit pula orang yang mencari bahan alami untuk dapat mengatasinya. Nah, ada yang mengatakan bahwa ramuan kopi bisa membantu menghilangkan selulit. Benarkah? Seberapa efektif penggunaan kopi untuk selulit?

Selulit adalah sebuah istilah dari kondisi kulit yang memiliki lesung dan tampak bergumpal. Selulit dapat terjadi baik pada laki-laki maupun perempuan, namun lebih sering pada perempuan karena distribusi lemak, otot, dan jaringan ikat yang berbeda.

Selulit umumnya muncul di perut, paha, dan bokong. Ketika Anda memiliki selulit, sangat sulit untuk benar-benar menghilangkannya. Pengobatan biasanya bertujuan untuk menyamarkan selulit tersebut. 

1 dari 3 halaman

Manfaat Kopi untuk Atasi Selulit

Kandungan kafein di dalam kopi dipercaya dapat menyamarkan lesung kulit pada selulit. Kulit juga mungkin akan terlihat kencang, karena kafein berperan dalam meningkatkan aliran darah.

Kopi juga tinggi akan antioksidan sehingga membuat warna kulit tampak lebih sehat. Selain itu, zat antioksidan dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Inilah yang membuat banyak orang memanfaatkan kopi untuk selulit. 

Artikel Lainnya: 3 Manfaat Ampas Kopi bagi Kecantikan Kulit Anda

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Kopi untuk Atasi Selulit

Scrub kopi banyak digunakan untuk membantu menyamarkan selulit. Scrub kopi ini bertindak sebagai pengelupasan alami, sehingga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan menghaluskan kulit. 

Meskipun tidak dapat benar-benar menghilangkan selulit, scrub kopi dapat membantu menyamarkan tampilan selulit. 

Untuk membuat scrub kopi, siapkan mangkok berisi air panas, lalu tuangkan ampas kopi ke dalamnya. Campurkan keduanya hingga mencapai konsistensi yang Anda inginkan. Apabila kulit Anda tergolong kering, bisa memasukkan minyak kelapa atau minyak zaitun ke dalam campuran. 

Hindari menggunakan ampas kopi dari mesin pembuat kopi. Pastikan juga Anda menggunakan kopi tradisional, bukan kopi decaf, agar manfaatnya lebih optimal. 

Artikel Lainnya: Mitos dan Fakta Seputar Selulit

Oleskan scrub kopi yang sudah Anda buat di bagian yang terdapat selulit. Pastikan Anda mengoleskannya sambil memijat dengan penekanan yang kuat, selama beberapa menit. Anda juga dapat menggunakan kain halus bila takut mengotori jari atau kuku. Agar hasilnya maksimal, gunakan scrub kopi setidaknya 2-3 kali seminggu.

Selain dengan scrub kopi, ada cara alami lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menyamarkan selulit. Misalnya, dengan minum air putih secara cukup setiap harinya. Tak hanya membuat Anda terhidrasi, air putih akan membantu mendorong aliran limfatik. 

Mencoba menurunkan berat badan juga bisa menjadi cara menyamarkan selulit, khususnya bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Namun, sebenarnya siapa pun dengan berat badan berapapun bisa mengalami selulit.  

Anda pun bisa mencoba mengoleskan krim khusus selulit untuk menyamarkan selulit. Contohnya, krim selulit yang mengandung kafein, retinol, aminofilin, dan lainnya. 

Tindakan pemijatan pun dapat membantu. Menurut American Society for Dermatologic Surgery, pemijatan dapat meregangkan jaringan kulit untuk memperbaiki penampilan selulit.

Selain itu, ada pula terapi radiofrekuensi yang dapat mengurangi selulit. Metode ini menggunakan sinar radiofrekuensi 52-55 derajat Celsius, yang diyakini dapat menurunkan adipogenesis yang merupakan suatu proses pembentukan lemak.

Bila selulit Anda tidak mengalami perubahan setelah menggunakan masker atau scrub kopi, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit kelamin.

Untuk membaca artikel kesehatan yang menarik lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar